ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN PENDEKATAN RISK PROFILE, GOOD CORPORATEGOVERNANCE, EARNING DAN CAPITAL PADA PT BPR SUKAWATI PANCAKANTI

Authors

  • Ni Kadek Ayu Purwaningsih Fakultas Ekonomi universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kesehatan bank, risk profile, good corporate governance, earning, capital

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan tingkat kesehatan bank pada PT BPR Sukawati Pancakanti ditinjau dari risk profile, (2)untuk mendeskripsikan tingkat kesehatan bank pada PT BPR Sukawati Pancakanti ditinjau dari Good Coorporate Governance, (3) untuk mendeskripsikan tingkat kesehatan bank pada PT BPR Sukawati Pancakanti ditinjau dari earning, (4) untuk mendeskripsikan tingkat kesehatan bank pada PT BPR Sukawati Pancakanti ditinjau dari capital. Data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu laporan laba rugi, neraca dan data pelaksanaan Good Corporate Governance. Data tersebut merupakan data kuantitatif yang diperoleh dengan cara dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu perhitungan tingkat kesehatan bank sesuai dengan PBI No 13/1/2011.

Dalam penelitian ini dilakukan penilaian terhadap 4 aspek yaitu aspek risk profile melalui rasio NPL, IRR dan LDR, aspek Good Corporate Governance, aspek earning melalui rasio ROA dan NIM, aspek capital melalui rasio CAR. Hasil penelitian menunjukkan dari aspek risk profile pada tahun 2014-2016 melalui rasio NPL bank berada pada kondisi sehat, melalui rasio IRR bank berada pada kategori sangat sehat dan melalui rasio LDR bank berada pada posisi cukup sehat pada tahun 2014 dan pada kondisi kurang sehat pada tahun 2015-2016. Berdasarkan aspek Good Corporate Governance bank berada pada kategori cukup sehat pada tahun 2014-2015 dan berada pada kategori sehat pada tahun 2016.Berdasarkan aspek earning melalui rasio ROA dan NIM bank berada pada kategori sangat sehat pada tahun 2014-2016.Berdasarkan aspek capital bank berada pada kategori sangat sehat pada tahun 2014-2016.

Downloads

Published

2019-12-02

Issue

Section

Articles