PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DENGAN APLIKASI GOOGLE MEET BERBANTUAN WHATSAPP

  • Suwija I Ketut Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Hayati Embun Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Perbedaan, Hasil belajar matematika, Google Classroom, Google Meet, Berbantuan WhatsApp

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi yang dapat menunjang kelas online, diantaranya ada aplikasi Google Classroom dan Google Meet berbantuan WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Google Classroom dengan aplikasi Google Meet berbantuan WhatsApp pada siswa kelas X IPA di SMAN 6 Denpasar. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan desain “Posttest Only Control Group Design”. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan teknik tes. Kelas yang dijadikan sebagai sampel diantaranya kelas X IPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Google Classroom dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Google Meet berbantuan WhatsApp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus (Skripsi). http://lib.unnes.ac.id/31039/1/1102410002.pdf
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820
Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.
The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2015). Pisa 2015, Result in Focus. In OECD.org. https://www.oecd.org/education/pisa-2015-results-volume-i-9789264266490-en.htm
Trinova, Z. (2003). Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning pada Materi Agama Islam. Al-Ta’lim Journal, 20(1), 324–335. https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/28/36
Wahyuni, V. N. (2021). Effektifitas Penggunaan Google Meet dalam Pembelajaran Daring Terhadap Penilaian Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Al-Islam Plus Krian Sidoarjo. http://digilib.uinsby.ac.id/46396/2/Vivin Nur Wahyuni_D07217032.pdf
Zhang, Songson; Zhao, J. Leon; Zhou, Zhou; Nunamaker, J. F. (2004, May). Can E-Learning Replace Classroom Learning?Communications of the ACM. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/986213.986216
Published
2021-07-31