MEDIA AUDIO VISUAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI SEKAR JAGAT SISWA SMA PGRI 4 DENPASAR

  • Gusti Ayu Made Puspawati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
Keywords: Media audio visual, Tari Sekar Jagat, Ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan siswa menarikan tari sekar jagat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA PGRI 4 Denpasar pada kegiatan ekstrakurikuler tari dengan melibatkan 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penilaian keterampilan siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data mengungkap bahwa penggunaan media audio visual berdampak positif pada kemampuan siswa menarikan tari sekar jagat. Hasil tersebut terlihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa pada saat observasi awal hingga akhir siklus kedua yang mengalami peningkatan. Lebih lanjut, di akhir siklus kedua seluruh siswa telah mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal. Oleh sebab itu, media audio visual disimpulkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menarikan tari sekar jagat. Bagi para guru yang mengalami permasalahan serupa, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan perbaikan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcana, I. N. (2015). Seni Tari-Drama. Undiksha Press.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Aryaningsih, I. G. A. S. (2016). Pembelajaran Tari Condong Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Negeri Budakeling, Karangasem. http://repo.isi-dps.ac.id/2410/
Budiarti, N. L. R. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Tari Sekar Jagat di SMP Negeri 10 Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/2425/
Dibia, I. W. (1999). Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Dibia, I. W. (2013). Seni Tari Bali. UPT Penerbitan ISI Denpasar.
Djayus, N. (1980). Teori Tari Bali. Sumber Mas Bali.
Jihad, H. (2002). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.
Marlinda, B. (2016). Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII D di SMP Negeri 1 Mlonggo, Semarang. http://lib.unnes.ac.id/28789/
Sari, G. A. K. N. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Tari Trunajaya di Yayasan Sanggar Tari Bali Warini Denpasar.
Published
2021-07-31