PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA KREATIF CRAFTING PADA ANAK USIA DINI

  • Anak Agung Istri Yudhi Pramawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Putri Wirastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Pembelajaran bahasa Inggris, kreatif crafting, usia dini

Abstract

Pengelolaan pembelajaran yang efektif membutuhkan berbagai jenis media pembelajaran. Media pembelajaran dapat mempercepat kreativitas belajar siswa dan membantu siswa untuk memahami konsep dan isi materi pembelajaran secara luas. Media pembelajaran adalah alat dalam proses belajar mengajar yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran dari guru kepada siswa agar efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kreatif crafting pada anak usia dini. Penelitian ini menemukan bahwa media kreatif crafting untuk membantu anak-anak meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mereka. Media kreatif crafting sangat efektif untuk mengembangkan bahasa Inggris anak usia dini. Selain itu, media kreatif crafting dapat mengembangkan daya kreativitas anak usia dini sehingga anak termotivasi untuk belajar dan memiliki capaian belajar yang baik. Dengan demikian, media kreatif crafting merupakan media pembelajaran yang bermanfaat untuk merangsang dan mendukung anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berk, L., & Winsler, E. A. (1995). Scaffolding Children Learning: Vygotsky and Early Childhood Education. Washington DC: NAEYC.
Clasrke, P. (2009). Suporting Children Learning Eanglish as a Second Language in the Early Years (Birth to Six Years). VCAA.
Ellis, G., Brewster, J., & Girard, D. (2002). The Primary English Teacher's Guide. England: Person Plc.
Flynn, N. (2007). Good practice for pupils learning English as an additional language: Lessons from effective literacy teachers in inner-city primary schools. Journal of Early Childhood Literacy, Volume 7, Hal 2, 177-198.
Gawi, E. M. (2012). The Effects of Age Factor on Learning English: A Case Study of Learning English in Saudi Schools, Saudi Arabia. . English Language Teaching, 5(1), 127-139.
Musthafa, B. (2010). Teaching English to young learners in Indonesia: Essential requirements. Jourbal Educationist, 4(2), 120-125.
Oktaviani, A., & Fauzan, A. (2017). Teachers Perceptions about the Importance of English for Young Learners. Journal Lingusitic, English Education and Art.
Sari, A. (2020). The Advantages and Disadvantages of English Learning For Early Childhood Education in Indonesia. Global Expert : Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1).
Suyanto, & Kasihani, K. (2007). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.
Tin, T. (2013). Exploring the development of ‘interest’ in learning English as a. Journal RELC, 44(2), 129-146.
Whiteside, K. G. (2017). English language proficiency and early school attainment among children learning English as an additional language. Child Development, 88(3), 812-827.
Published
2021-07-31