UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT

  • Ni Nyoman Yuniati SMA Negeri 1 Denpasar
Keywords: Sains Teknologi Masyarakat, pemahaman konsep siswa

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan pemahaman konsep peserta didik dari observasi awal hingga akhir siklus kedua. Saat observasi, nilai rata-rata siswa sebesar 68,47 dengan ketuntasan klasikal sebesar 30,55%. Pada akhir siklus pertama terjadi peningkatan nilai siswa menjadi 74,03 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Lebih lanjut, terjadi pula peningkatan pada akhir siklus kedua dengan nilai rerata siswa menjadi 85,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 97,22%. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini telah mencapai target keberhasilan tindakan yaitu ketuntasan klasikal >85%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Lebih lanjut, bagi para guru yang mengalami kendala serupa, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pemecahan permasalahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan oleh AgungPrihantoro. Pustaka Pelajar.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Marshall, J. ., Smart, J. ., & Alston, D. . (2017). Inquiry-Based Instruction: A Possible Solution to Improving Student Learning of Both Science Concepts and Scientific Practices. International Journal of Science and Mathematical Education, 15(5), 777–796.
Nasir, M. (2018). Menristekdikti Tegaskan Pentingnya Kerjasama Perguruan Tinggi dan Industri. http://stkwsurabaya.ac.id/berita/menristekdikti-tegaskan-pentingnya-kerjasama-perguruan-tinggidan-industri
Nurkancana, W., & Sunartana, M. (1992). Evaluasi Belajar. Usaha Nasional.
Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat:Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Rosdakarya.
Sadia, I. W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Graha Ilmu.
Sadiyoko, A. (2017). Industri 4.0 Ancaman, Tantangan, atau Kesempatan? Sebuah Introspeksi Menyambut Kemajuan Teknologi Saat Ini. http://hdl.handle.net/123456789/1539
Santyasa, I. W. (2012). Pembelajaran Inovatif. Undiksha Press.
Published
2021-07-31