MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA BERBANTUAN FILM PENDEK PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA PGRI 6 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Authors

  • Marten Haba Rita Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • A.A. Rai Laksmi Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kemampuan bermain drama, Metode Sosiodrama

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitan tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini memeliki tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam bermain drama, agar siswa dapat menguasai watak dan karakter dalam masing-masing tokoh, sedangkan tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan siswa bermain drama pada siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI 6 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 dan langkag-langkah pembelajaran yang efektif untuk kemampuan bermain drama siswa kelas XI IPS 2 SMA PGRI 6 Denpasar melalui metode sosiodrama. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dIkatakan berhasil, itu terbukti dari peningkatan nilai rata-rata setiap siklus. Di mulai dari tes pra siklus dengan rata-rata 3,96. Dalam siklus I masih ada siswa yang belum mampu bermain drama dengan baik. Untuk itu, penelitian dan siswa harus bekerja sama dengan baik dalam proses dan memperhatikan cara penyajian materi. Dalam siklus I, siswa hanya mampu mencapai ini lai rata-rata 7,00. Hal itu karena siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran bermain drama. Penelitian dan siswa harus bekerja sama dengan baik dan perhatikan cara penyajian materi agar siswa lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran bermain drama. Terakhir pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 9,00 dengan kategori baik. Siswa sudah lancar berakting dalam bermain drama atau memerankan suatu karakter sesuai kriteria yang dinilai. Langkahlangkah metode pembelajaran; (a) guru menyusun atau menyiapkans kenario yang akan ditampilkan, (b) guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 6 orang, (c) memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai, (d) memanggil para siswa yang sudah ditunjukuntuk melakonkan skenario yang sudah disiapkan (simulasi), (e) masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil memperhatikan, mengamati skenario yang sedang diperagakan, (f) setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar untuk membahas, (g) masing-masing menyampaikan hasil kesimpulanya, (h) evaluasi, (i) penutup.

Downloads

Published

21-12-2020

Issue

Section

Articles