PERSEPSI MASYARAKAT TANI PENERAPAN DEWASA AYU DALAM UPAYA MENGHINDARKAN PETANI DARI KERUGIAN AKIBAT HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI PADA PERTANIAN

  • Gusti Ayu Dita Ariningsih Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-P) Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Agustini Putri Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-P) Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Angela Marici Sri Intan Pare Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-P) Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Putu Kirana Pratiwi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-P) Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Analisis Persepsi, Dewasa Ayu, Hama, Penyakit, Padi

Abstract

Saat ini, sering terlihat bahwa petani padi terkendala saat menjelang musim tanam. Mulai dari adanya kendala pada saat pergantian cuaca yang tidak menentu, hingga yang disebabkan oleh hama dan penyakit pada tanaman padi. Hal-hal inilah yang menyebabkan petani sering sekali mengalami kerugian di musim panen. Untuk menghindari hal tersebut, petani perlu menerapkan sistem penanggalan hari baik atau dewasa ayu sehingga kondisi alam maupun cuaca yang sedang berlangsung dapat diprediksi dengan baik.

PKM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat dalam penerapan dewasa ayu dalam memilih waktu tanam yang produktif dalam upaya peningkatan hasil produksi pertanian pada tanaman padi menurut kalender Bali, untuk mengetahui persepsi masyarakat melalui penentuan dewasa ayu dalam melakukan berbagai ritual kegamaan hindu agar dapat menghindarkan petani dari kerugian akibat hama dan penyakit tanaman padi menurut kalender Bali, untuk mengetahui kelayakan penerapan dewasa ayu untuk diterapkan sepanjang masa dalam pertanian di Bali.

Metode penelitian menggunakan analisis persepsi masyarakat tani terhadap penerapan dewasa ayu melalui  kuesioner dengan ditelusuri dari aspek yakni persepsi aspek pengetahuan, musim tanam, hama penyakit, produkstivitas, dan implementasi dewasa ayu dalam kehidupan melalui ritual upakara hindu di subak. Jawaban dari beberapa responden akan dianalisa dengan teknik scoring menggunakan skala likert pada setiap jawaban dengan sebelumnya ditentukan skor total terendah dan tertinggi. Populasi pada penelitian ini adalah 75 orang petani, sampel yang dipilih berdasarkan cencus sampling adalah semua petani di Subak Umalayu sebesar 75 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cudamani. 2001. Penghantar Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Yayasan Dharma Sarathi.

Kertasapoetra, AG. 2003. Hama Tanaman Pangan dan Perkebunan. Jakarta: Bumi Aksara

Rauf, A. 2000. Analisis Ekosistem dalam Pengendalian Hama Terpadu. Pelatihan Peramalan Hama dan Penyakit Tanaman Padi dan Palawija Tingkat Nasional, Jatisari, 2−9 Januari 2000. http://jesl.journal.ipb.ac.id. Diakses pada 9 November 2017, pukul 12.21 wita.

Rawi, Bambang Gede. 2001. Kalender Bali. Denpasar: Bali Post

Sarwanto, Rini Budihati. 2010. Identifikasi Sains Asli (Indigeneous Science) Sistem Pranata Mangsa melalui Kajian Etnosentris. http://jesl.journal.fkip.uns.ac.id Diakses pada Jumat, 10 November 2017, pukul 8.52 wita.

Sibagiasata, I Ketut. 2012. Pengantar Acara Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Simpen. 2000. Pelajaran Dewasa (Wariga). Denpasar: Muria Pertama

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: CV Alfabeta.

Sutawan, N. 2005. Subak dalam Menghadapi Tantangan Global Perlu Upaya dan Pemberdayaan Lebih Serius. Revitalisasi Subak dalam Memasuki Era Globalisasi. Yogjakarta: Andi.

Tusan, I Wayan. 1984. Penuntun Pedewasan/Wariga. Amlapura: Tirtayusa

Wisma, Bambang Gede. 2007. Kalender Bali. Denpasar. Bali Post

Wisnubroto, Sukardi. 2010. Jurnal Pengenalan Waktu Tradisional Wariga menurut Jabaran Meteorologi dan Pemanfaatannya.. http://jesl.journal.ipb.ac.id Diakses pada Jumat, 10 November 2017, pukul 11.30 wita.

Windia, Wayan. 2001. Subak Sistem Irigasi Tradisional di Bali. Denpasar: Upada Sastra Denpasar.

Published
2018-10-30
How to Cite
Ariningsih, G. A. D., Putri, N. P. A. A., Pare, A. M. S. I., & Pratiwi, L. P. K. (2018). PERSEPSI MASYARAKAT TANI PENERAPAN DEWASA AYU DALAM UPAYA MENGHINDARKAN PETANI DARI KERUGIAN AKIBAT HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI PADA PERTANIAN. AGRIMETA : Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem, 8(16), 26-31. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/agrimeta/article/view/410