Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

KETENTUAN UMUM PENULIS JURNAL ADVOKASI HUKUM

Jurnal Advokasi Hukum merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar dua kali dalam setahun ( bulan maret dan september). Sebagaimana tulisan ilmiah, maka terdapat ketentuan-ketentuan terkait dengan penulisan pada jurnal ini. Adapun ketentuan-ketentuan yang dimaksud adalah

  1. Tulisan yang diterima adalah menyangkut masalah hukum baik dalam kajian pidana, perdata, tata negara dan tata usaha negara, maupun kajian bisnis
  2. Tulisan belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan pada jurnal atau penerbit lain
  3. Judul ditulis dengan huruf kapital ukuran 12 dan maksimal terdiri dari 12 kata
  4. Abstrak ditulis dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia maksimal 200 kata, menggunakan 1 spasi dan memuat kata kunci 3-5 kata
  5. Naskah diketik, 1,5 spasi, margin atas dari kiri 4cm dan margin kanan dan bawah 3cm dengan jumlah halaman minimal 10 dan maksimal 15 halaman, font time new roman dengan size 12.
  6. Kutipan dalam penulisan menggunakan
  7. Daftar pustaka menggunakan minimal 5 buku
  8. Tulisan hasil penelitian/tesis/disertasi disajikan dengan sistematika sebagai berikut:

(a) Judul

(b) nama pengarang tanpa gelar (disertai instansi)

(c) abstrak (50-200 kata), dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak memuat pemadatan dari tujuan penulisan, metode penelitian, dan hasil pembahasan, kata kunci (keywords) maksimal 5 kata/frasa

(d) pendahuluan, berisi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan penelitian

(e) metode penelitian

(f) hasil dan pembahasan

(g) simpulan dan saran

(h) daftar pustaka

  1. Tulisan artikel ilmiah disajikan dengan sistematika sebagai berikut:

(a) Judul

(b) nama pengarang

(c) abstrak (50-200 kata), dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak memuat pemadatan tujuan penulisan dan hasil pembahasan

(d) pendahuluan, berisi latar belakang dan rumusan masalah

(e) pembahasan

(f) daftar pustaka

  1. Pada bagian akhir tulisan disertai dengan daftar riwayat hidup singkat yang terdiri dari melampirkan nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, instansi atau pekerjaan serta alamat kontak yang dapat dihubungi (alamat/email/HP)
  2. Penulis catatan kaki adalah sebagai berikut :

BUKU :

Nama pengarang, tahun terbit, judul buku (cetak miring), penerbit, kota, halaman.

Contoh : Abdul Ghofur Anshori, 2009, Filsafat hukum, Gadjah Mada Universitas Press, Yogyakarta, h. 25.

MAKALAH :

Nama pengarang, judul makalah (dalam tanda kutip), tema seminar/lokakarya, Penyelenggaraan, tempat,waktu,halaman

Contoh : Muladi, “ Fungsionalisasi Hukum Pidana di dalam kejahatan yang  dilakukan oleh korporasi”, makalah pada seminar nasional kejahatan korporasi,FH UNDIP,Semarang, 23-24 November 1989, h. 2.

INTERNET :

Nama Pengarang, edisi, judul (dalam tanda kutip),alamta web,tanggal akses.

Contoh : Agus Raharjo,2006, “Kebijakan kirminalisasi dan Penanganan Cybercrime di Indonesia”, http://www.unsoed.ac.id/newcmsfak/UserFiles/File/HUKUM/ Kriminalisasi_Crybercrime.htm,diakses pada tanggal 9 Juni2001.

JURNAL :

Nama penulis , judul (dicetak miring), nama judul, penerbit,edisi, halaman.

Contoh : Tjok Istri Sri Harwathy, Pengaruh  Kebudayaan Terhadap Penegakan Hukum Di Masyarakat, Maha Yustika, Fakultas Hukum Mahasaraswati Denpasar, Vol. 7.No.7 September 2010, h. 5.

 

  1. Penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut :

BUKU :

Nama pengarang, tahun penerbit,judul buku(cetak mirng), penerbit, kota.

Contoh: Abdul  Ghofur  Anshori, 2009, Filsafat Hukum, Gadjah mada University Press, Yogyakarta.

MAKALAH :

Nama pengarang, judul makalah (dalam tanda kutip), tema seminar/lokakarya, penyelenggara, tempat, waktu.

Contoh : Muladi, “Fungsionalisasi Hukum Pidana  di Dalam Kejahatan yang  dilakukan oleh korporasi”, makalah pada seminar nasional kejahatan korporasi,FH UNDIP,Semarang, 23-24 November 1989.

INTERNET :

Nama pengarang, edisi, judul (dalam tanda kutip), alamat web, tanggal akses.

Contoh : Agus Raharjo,2006, “Kebijakan kirminalisasi dan Penanganan Cybercrime di Indonesia”, http://www.unsoed.ac.id/newcmsfak/UserFiles/File/HUKUM/ Kriminalisasi_Crybercrime.htm,diakses pada tanggal 9 Juni 2001.

JURNAL :

Nama penulis, judul( dicetak miring), nama jurnal, penerbit, edisi.

Contoh : Tjok Istri Sri Harwathy, Pengaruh  Kebudayaan Terhadap Penegakan Hukum Di Masyarakat, Maha Yustika, Fakultas Hukum Mahasaraswati Denpasar, Vol. 7.No.7 September 2010.

PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN :

Nama sumber hukum, lembaran Negara dan lembaran tambahan Negara

Conroh : Undang-Undang Republik  Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transsaksi Elektronik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 58 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4843

  1. Pengirim naskah dilakukan dengan menyertakan soft copy yang dikirim ke alamat redaksi ” Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar”, Jalan Kamboja, Denpasar, contact person : Ni Komang Ratih Kumala Dewi, SH,MH (082237413282/[email protected]).
  2. Naskah yang diterima oleh redaksi akan di rewiew dan apabila diterbitkan maka redaksi akan menghubungi penulis .

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.