PROGRAM PENGEMBANGAN PRODUK EKSPOR (PPPE) KONVEKSI PAKAIAN WANITA

Authors

  • Anik Yuesti Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Sri Astuti Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Lis Julianti Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pengembangan produk, konveksi

Abstract

Thasha Garment dan Fashion for Paradise merupakan dua perusahaan yang bergerak dalam bidang indirect export dimana keduanya merupakan mitra kegiatan IbPE. Kegiatan IbPE bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kedua mitra tersebut melakukan ekspor melalui peningkatan kualitas dan kuantitas ekspor. Peningkatan ekspor dapat dilakukan melalui peningkatan sarana prasaraan seperti mesin, kualitas sumber daya manusia dalam mendesin produk ekspor, peningkatan manajemen dan sistem administrasi keuangan kegiatan ekspor. Target luaran yang ingin dicapai selama 3 (tiga) tahun kegiatan IbPE ini adalah (1) Mampu menghasilkan produk ekspor secara mandiri, mampu meningkatkan kuantitas produk ekspor, meningkatkan kualitas desain dan jahitan busana wanita kualitas ekspor, memiliki kemampuan dalam bidang akuntansi dan perpajakan, meningkatkan strategi promosi produk  (2)Mampu menciptakan desain baru produk, mampu memperluas pemasaran produk ke Negara Eropa seperti Belgia dan Jerman 3)Pengembangan area produksi dan pemasaran di luar wilayah Denpasar dan untuk pemasaran di luar daerah Eropa, seperti ke Timur Tengah, dan Asia.   

Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dan target  luaran tersebut adalah: (1) Penyusun rancangan produk selama 3 tahun, (2) Pelatihan desain dan mode  pakaian wanita Gemuk dan Ideal, (3) Pelatihan akuntansi dan pajak ekspor, (4)Pengadaan mesin overdek untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk (5)Pengadaan Komputer untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan promosi melalui web, (6)Mempertemukan Mitra dengan Pemerintah Kota Denpasar khususnya Deperigdag Kota Denpasar untuk pengurusan Ijin direx eksport dan pendampingan usaha, Lembaga Perbankan dalam peningkatan permodalan dan pendampingan.

Pada tahun pertama telah dilakukan kegiatan: 1) Perancangan produk selama 3 tahun untuk mitra 1 dan 2; 2) pelatihan desain dan mode pakaian wanita  Gemuk dan ideal, dengan pengembangan pakaian laki-laki di Tempat pelatihan RINA untuk mitra 1. 3) Pelatihan akuntansi dan pajak untuk mitra 1 dan 2; 4) Pembelian mesin overdex dengan merek typical untuk Mitra 1; 5) pembelian laptop untuk meningkatkan kinerja bagi mitra 1 dan 2. Pada tahun kedua telah dilakukan kegiatan: 1) penjadwalan program selama tahun kedua ; 2) Praktek pengembangan  desain dan mode pakaian wanita  Gemuk dan ideal yang sudah dilatih tahun I; . 3) Pelatihan pengembangan border dengan menghubungkan para pelaku usaha border dan pembordir; 4)Pelatihan akuntansi dan pajak untuk mitra 1 dan 2; 5) Pembelian mesin stik rantai dengan merek typical untuk Mitra 1; 5) pembelian program akuntansi untuk meningkatkan kinerja bagi mitra 1 dan 2. Pada tahun ketiga telah dilakukan kegiatan: 1) penjadwalan program selama tahun ketiga untuk mitra 1 dan 2; 2) Penguatan Produksi untuk mitra 1 dan 2;  3) Penguatan Kelembagaan; 4) Perluasan Pemasaran untuk mitra 1 dan 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-05

How to Cite

Yuesti, A., Astuti, P. S., Suryandari, N. N. A., & Julianti, L. (2019). PROGRAM PENGEMBANGAN PRODUK EKSPOR (PPPE) KONVEKSI PAKAIAN WANITA. Jurnal Abdi Saraswati, 1(1). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JAS/article/view/283