WIRANG https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang <p><strong>WIRANG</strong> adalah jurnal pengabdian online yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmas Denpasar untuk mewadahi hasil karya pengabdian-pengabdian dosen dan mahasiswa S1 dalam meningkatkan mutu penelitian perguruan tinggi. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.</p> en-US sintyasaraswati@unmas.ac.id (Ni Putu Ayu Sintya Saraswati, SE., MM.) edysantosa@unmas.ac.id (Made Edy Septian Santosa, SE.,M.Si) Mon, 22 Mar 2021 12:12:18 +0800 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Meningkatkan Kualitas Pencatatan Cash Flow dalam Pembukuan Pada PT. Mega Bali https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1767 <p>Pengabdian Masyarakat ini dilakukan di di PT. Mega Bali Property yang berlokasi di Jln.Batu Belig No. 38, Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung Provinsi Bali. Dengan sasaran yaitu karyawan di PT. Mega Bali Property Berdasarkan hasil observasi, ditemukan belum optimalnya kemampuan karyawan dalam melakukan pencatatan <em>cash flow </em>dalam pembukuan bulanan. Melihat kondisi tersebut,Tim Pengabdian Masyarakat hadir untuk membantu meningkatkan kemampuan karyawan dalam melakukan pencatatan pembukan di kantor. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu karyawan lebih bisa membuat laporan dengan praktis.Dengan adanya program ini diharapkan karyawan dapat mengetahui bagaimana cara membuat pembukuan <em>cash flow</em> yang benar dan praktis.</p> Ni Nyoman Bela Kartika, Agus Wahyudi Salasa Gama Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1767 Fri, 05 Mar 2021 00:00:00 +0800 Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelaporan Pajak dan Laporan Keuangan Serta Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 pada PT. Dharma Putra https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1770 <p>Standar Operasional Prosedur (SOP) bisa diartikan sebagai suatu petunjuk organisasi atau perusahaan dalam menetapkan suatu tindakan baku. SOP berisi petunjuk yang menjelaskan cara yang diharapkan dan diperlukan oleh pekerja atau petugas dalam melakukan/menyelenggarakan pekerjaan mereka.</p> <p>Dalam suatu perusahaan SOP merupakan suatu keharusan, dimana SOP bermanfaat untuk membantu kinerja staff perusahaan untuk lebih efektif dan efisien dalam penyelesaikan pekerjaan. Penerapan SOP dalam perusahaan perlu diperhatikan antara struktur organisasi dan pembagian tugas dalam perusahaan serta dikaitkan dengan beberapa hal penting dalam penerapan SOP, yakni : efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, penyelesaian masalah, dan batasan-batasannya.</p> <p>Selain SOP pada perusahaan, di era pandemi Covid-19 yang masih belum usai dan guna meminimalisir penyebarannya, setiap perusahaan dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Karena masih kurangnya pengetahuan tentang bahaya Covid-19 maka perlu diadakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 agar seluruh organisasi perusahaan terhindar dari bahaya virus Covid-19.</p> Ni Kadek Elis Rianti, Anak Agung Dwi Widyani Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1770 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Peningkatan Penjualan Alat Kesehatan Kemampuan Karyawan Dalam Bidang Strategi Pemasaran Saat Masa Pademi di PT. Oksigen Medika Teknik https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1774 <p>Pada masa pademi banyak perusahaan pemasukannya yang menurun termasuk PT. Oksigen Medika Teknik, pada awal masa pademi penjualan PT.Oksigen Medika Teknik sempat meningkat dari penjualan masker dan thermometer gun, tetapi setelah berjalannya waktu semakin menurun karena kurangnya strategi dalam pemasaran maka dari itu ada penurunan penjualan. Konsep Pemasaran, konsep pemasaran berorientasi pada pelanggan (lingkungan eksternal), dengan anggapan bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya serta memberikan kepuasan. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat dari Universiitas Mahasaraswati Denpasar membantu untuk meningkatkan strategi pemasaran. Kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi dan pelatihan serta menerapkan apa yang diterangkan diatas. Kegiatan ini juga ada dukungan dari Direktur dan karyawan PT. Oksigen Medika Teknik dengan angat baik, dan mendaptkan antusias yang sangat tinggi dari karyawan dari PT. Oksigen Medika Teknik.</p> Putu Anggi Maysi Gita , I Ketut Setia Sapta Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1774 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Aplikasi Teknologi Informasi dalam Komunikasi dan Administrasi dalam Era New Normal di Lingkungan Pt. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1775 <p>Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Indonesia saat ini sudah semakin meluas, dengan&nbsp; jumlah kasus terpapar Covid-19 semakin bertambah dari hari ke hari.. Hingga saat ini, banyak negara termasuk Indonesia belum mampu menghentikan penyebarannya karena belum ditemukan obat atau vaksinnya. Pandemi Covid-19 belum juga bisa dikatakan berakhir, namun kehidupan harus terus berjalan. Untuk itu, masyarakat harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru atau disebut dengan ‘new normal’. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap melakukan aktivitas normal dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Dalam perusahaan kegiatan kerja harus mengikuti new normal - protokol kesehatan dan keamanan yang menjamin mereka dari penularan virus. Termasuk dalam proses komunikasi surat menyurat dan penyimpanan. Dengan sistem berbasis teknologi proses komunikasi dan administrasi dapat dilakukan dengan lebih efisien dalam era new normal. Pengaplikasian sistem ini dapat dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan</p> Ida Ayu Nyoman Yuli Lestari, I Nengah Suardhika Copyright (c) 2021 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1775 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Strategi Pemasaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada CV. Bintang Bali Persada Internasional Badung https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1777 <p><em>Coronavirus Disease</em> 2019 (COVID-19) merupakanpenyakitjenisbaru yang belumpernahdiidentifikasipadamanusiasebelumnya. Virus penyebab COVID-19 ini dinamakan Sars-Cov-Virus. Selain di sektor pariwisata dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan <em>social distancing </em>dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. CV. Bintang Bali Persada Internasional Badung merupakan salah satu perusahaan yang terkena dampak pandemi Covid-19. Strategi pemasaran di era pandemi Covid-19 pada CV. Bintang Bali Persada Internasional Badung dilakukan dengan melakukan pengarahan, pelatihan, pendampingan, dan pelatihan mandiri mandiri mengenai promosi di media sosial, melakukan komunikasi dengan baik dan benar kepada pelanggan serta memberi penawaran khusus (diskon) yang bertujuan untuk meningkatkan omset perusahaan.Simpulan program kerja mengenai strategi pemasaran di era pandemi Covid-19 pada CV. Bintang Bali Persada Internasional telah berhasil dilaksanakan melalui pengarahan, pelatihan, pendampingan, dan pelatihan mandiri mengenai promosi di media sosial, melakukan komunikasi dengan baik dan benar kepada pelanggan serta memberi penawaran khusus (diskon).</p> <p>&nbsp;</p> I Luh Putu Prastika Ayunia Dewi, Nengah Landra Copyright (c) 2021 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1777 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Peningkatan Kemampuan Karyawan Dalam Mengelola Persediaan Barang Di Cthoz https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1778 <p>Seiring berkembangnya dunia teknologi dan informasi, persaingan bisnis dalam dunia industri semakin ketat. Jumlah perusahaan semakin banyak dan terus melakukan usaha dan strategi dalam mempertahankan bisnisnya. Kesuksesan perusahaan dalam mempertahankan bisnisnya tidak terlepas dari peran perusahaan tersebut dalam mengelola persediaan barang sehingga dapat memenuhi permintaan dari pelanggan semaksimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah persediaan barang yang tepat. Peningkatan kemampuan karyawan dalam mengelola persediaan barang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus sampai 14 September 2020. Motede yang digunakan dalam peningkatan kemampuan karyawan dalam mengelola persediaan barang adalah melalui pelatihan. Hal tersebut didukung dengan partisipasi karyawan yang tinggi dalam mengikuti pelatihan serta pemilik usaha mendukung penuh kegiatan ini.</p> <p>&nbsp;</p> Ni Putu Anggi Pratiwi, Gde Bayu Surya Parwira Copyright (c) 2021 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1778 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Peningkatan Pelaporan Kinerja Pegawai Berbasis Online di UPTD Puskesmas Manggis I, Kabupaten Karangasem, Bali https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1779 <p>Puskesmas Manggis I merupakan salah satu unit pelaksana teknis kesehatan di bawah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitative baik melalui Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) atau Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Salah satu permasalahan &nbsp;yang terungkap dari hasil observasi di UPTD Puskesmas Manggis I khususnya untuk bagian Tata Usaha adalah petugas kepegawaian belum memahami dengan baik bagaimana membuat laporan kinerja kepegawaian yang berbasis online yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan dalam menggunakan fasilitas yang ada seperti komputer, laptop maupun pengetahuan dalam menggunakan Jaringan Internet. Metode yang digunakan untuk meningkatan kemampuan dalam membuat laporan kinerja kepegawaian berbasis online ini adalah penyuluhan, pelatihan, danpendampingan. Kemampuan pegawai dalam membuat Laporan kinerja Kepegawaian Berbasis Online di UPTD Puskesmas Manggis I telah berhasil ditingkatkan melalui penyuluhan, pelatihan, danpendampingan baik dari mulai menggunakan teknologi komputer maupun dalam penggunaan jaringan internet.</p> I Made Wartama, Ni Made Dwi Puspitawati Copyright (c) 2021 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1779 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Pembuatan Sop Pengajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 pada Smp Negeri Hindu 3 Blahbatuh https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1843 <p>Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk dapat memberikan kepastian dalam melaksanakan sistem pendidikan disekolah menengah pertama. SOP merupakan suatu sistem yang menunjukkan bagaimana alur yang dilakukan oleh pembuat kebijakan berdasarkan standar yang diterapkan pada sekolah. Dalam sebagian penelitian dikemukakan bahwa SOP sangat berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan bagi siswa, dikarenakan masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan saat ini sangat memperhatikan mutu lulusan lembaga pendidikan khususnya sekolah menengah pertama. Tuntutan mutu pada lingkup pendidikan merupakan faktor penting. Untuk memenuhi harapan masyarakat, maka diperlukan sistem penjaminan mutu untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh merupakan salah satu pelayanan pendidikan yang terletak di Kecamatab Blahbatuh Kabupaten Gianyar, SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh ini berdiri sejak tahun 2018 saat ini SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh memiliki 31 orang guru. Pelayanan yang diberikan pada SMP ini yaitu, untuk memberikan pembelajaran secara maksimal dan mendidik siswa agar menjadi disiplin dan tepat waktu sehingga nantinya bisa menjadi lulusan yang cerdas dan berkarakter</p> Sang Ayu Setya Nusani, Bagus Nyoman Kusuma Putra Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1843 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Strategi Penanganan Kredit Macet di Koperasi Luhur Kedaton Bali Kecamatan Tabanan https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1846 <p class="P1CxSpFirst" style="line-height: normal;"><span lang="EN-US">Koperasi Luhur Kedaton Bali adalah lembaga keuangan bukan bank yang kegiatan utamanya menyalurkan kredit kepada masyarakat. Kredit ini dapat menimbulkan resiko yang dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha tersebut, maka dari itu pelaksanaan usahanya harus berdasarkan pada prinsip kehatihatian dalam melakukan pemberian kredit yang sehat. Strategi penanganan kredit macet yang baik sangatlah penting guna menciptakan kerjasama yang baik untuk membangun perusahaan/instansi yang baik pula sesuai dengan visi dan misi perusahaan /instansi. Strategi penanganan kredit macet di Koperasi Luhur Kedaton Bali Kecamatan Tabanan belum maksimal, sehingga masih banyak kredit yang macet. Kurangnya kesadaran debitur dalam membayar kredit merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya banyak kredit macet. Dengan memberikan pemahaman kredit macet kepada karyawan, memberikan pembinaan kepada nasabah dan membuat flowchart pemberian kredit akan mengurangi tingkat kredit macet di Koperasi Luhur Kedaton Bali. </span></p> <p class="P1CxSpLast" style="line-height: normal;"><span lang="EN-US">&nbsp;</span></p> Sagung Agung Narayanti, Putu Kepramareni Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1846 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Peningkatan Pengelolaan Administrasi pada Perusahaan Ratu Bali, Di Kota Denpasar https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1848 <p>Tujuan pengabdian adalah peningkatan pengelolaan administrasi pada Perusahaan Ratu Bali. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan administrasi adalah pelatihan dan pendampingan langsung saat bekerja. Pelatihan mengenai administrasi dilakukan sebanyak 2 hari sedangkan pendampingan dilakukan selama tiga (3) minggu. Metode pengabdian ini bertujuan untuk mengurangi kelalaian dan meningkatkan kemampuan karyawan dalam kerapian dan ketelitian bekerja. Kesimpulan dari hasil penelitian ini staff karyawan sudah mulai melakukan kegiatan administrasi, yang meliputi; pengarsipan data dari klien dan SPT yang telah dilaporkan; membuat daftar data yang diperlukan dari klien; dan membuat daftar data yang akan dikembalikan kepada klien. Adapun faktor-faktor yang membantu keberhasilan ini yaitu pimpinan perusahaan yang mendukung kegiatan ini, serta antusiasme karyawan sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini.</p> I Gede Angga Agastya Sueka Putra, I Gede Cahyadi Putra Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1848 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Manajemen Persediaan Barang di PT. Tempo https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1849 <p>Tujuan penelitian dalam penulisan laporan ini adalah untuk mengevaluasi manajemen persediaan barang di PT. Tempo. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam manajemen persediaan adalah Melakukan Pengecekan fisik barang sebanyak 2 kali, Melakukan pengelolaan stok barang atau membuat bincard sebanyak 3 kali dan Penataan barang yang ada di gudang sebanyak 4 kali. Hasil penelitian ini menunjukan manajemen persediaan barang di PT. Tempo telah berhasil ditingkatkan melalui kegiatan yang telah dilakukan. Adapun faktor-faktor yang membantu keberhasilan ini yaitu adanya dukungan penuh dari pimpinan dan karyawan PT. Tempo, kerjasama dan komunikasi yang baik antar karyawan, dan adanya fasilitas yang memadai seperti jaringan internet, aplikasi untuk mempermudah pengelolaan persediaan dan tempat yang nyaman.</p> <p>&nbsp;</p> Ni Kadek Intan Apsari, Ni Nyoman Ayu Suryandari Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1849 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Pelatihan Penggunaan Aplikasi Myob dalam Pembuatan Laporan Keuangan di KJPP MBPRU dan Rekan Cabang Denpasar https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1852 <p>KJPP MBPRU dan Rekan Cabang Denpasar merupakan salah satu kantor cabang yang bergerak dalam bidang jasa yang terletak di Jalan Tukad Jinah V No. 1C, Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Adapun jasa yang ditawarkan oleh kantor ini yaitu Jasa Penilaian, <em>Property Development Consultancy (Feasibility Study), Highest &amp; Best Use Study, </em>Optimalisasi Aset, <em>Financial Advisory, Due Diligence, </em>Pengawasan, <em>Asset Management Consultansy, Property Marketing Consultancy, Market Research</em>. &nbsp;Salah satu permasalahan yang terungkap dari hasil observasi di KJPP MBPRU &amp; Rekan Cabang Denpasar khususnya pada bagian keuangan adalah kurang efektifnya pembuatan laporan keuangan menggunakan Microsoft Excel. Untuk meningkatkan keefektifan pembuatan laporan keuangan maka perlu dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi akuntansi berbasis komputer seperti MYOB dalam pembuatan laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam pelatihan penggunaan aplikasi MYOB dalam pembuatan laporan keuangan yaitu pengarahan, pelatihan dan pendampingan. Adapun faktor pendukung dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu dukungan penuh dari kepala cabang dan tersedianya fasilitas yang dibutukan sementara faktor penghambatnya adalah karyawan yang kurang memahami teknologi serta keterbatasan waktu.</p> <p>Kendala dalam pembuatan laporan keuangan yang sempat dialami kantor ini karena masih menggunakan Mircosoft Excel berhasil diatasi dengan diberikannya pengarahan, pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi MYOB dalam pembuatan laporan keuangan sehingga penggunaan aplikasi MYOB ini lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Excel. Kegiatan seperti pelatihan dan pendampingan ini harus sering dilaksanakan agar karyawan tidak cepat lupa bagaimana cara mengoperasikan aplikasi tersebut apalagi mengingat karyawan yang tidak memiliki basic pendidikan akuntansi.</p> Sang Ayu Putu Eka Wanti , I Dewa Made Endiana Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1852 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Peningkatan Ketelitian Karyawan dalam Melakukan Penginputan Transaksi Jual/Beli Valuta Asing https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1854 <p>Padi Mandiri Valuta merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 2014 dan bergerak di bidang jasa penukaran uang asing, dimana dikenal dengan masyarakat dengan sebutan <em>money changer</em>. Peningkatan ketelitian karyawan dalam melakukan penginputan transaksi jual/beli valuta asing pada PT. Padi Mandiri Valuta ditingkatkan melalui penyuluhan, pemahaman dan pendampingan. Kegiatan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan karena kurang telitinya karyawan dalam melakukan transaksi jual/beli dan penginputan transaksi. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dari seluruh komponen perusahaan baik itu pimpinan dan karyawan. Adapun faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kegiatan ini diantaranya adanya dukungan penuh dari pimpinan dan staff dari perusahaan, tersedianya fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan ini dan antusias Kerjasama antar karyawan yang sangat baik sehingga memudahkan dalam segala bentuk penyuluhan, pemahaman dan pendampingan. Dan dalam pemantauan kegiatan, semua karyawan sudah mulai teliti dan memahami bagaimana melakukan penginputan transaksi jual/beli valuta asing dengan.</p> Kadek Kusuma Wardani , I Nyoman Kusuma Adnyana Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1854 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Penerapan Protokol Kesehatan di Kantor Notaris-PPAT Dini Pranita S.H.,M.Kn https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1856 <p>Wabah pandemi Covid-19 yang menyebar di Indonesia membuat masyarakat Indonesia nyaris tak memiliki ruang gerak. Penyebaran Covid-19 yang terjadi secara massif mewajibkan kepada tiap individu untuk menjaga jarak dan mengurangi kontak fisik atau bertatap muka. Tujuannya adalah untuk mengurangi mobilisasi manusia, yang disebut sebagai faktor utama penyebaran Covid-19. Kendati banyak bidang pekerjaan yang sudah menerapkan bekerja secara daring, namun berbeda halnya dengan notaris. notaris tidak bisa menerapkan work for home karena penandatangan akta autentik. Akta otentik yang dibuat Notaris/PPAT merupakan tanda bukti kepemilikan yang dapat menjamin kepastian hukum jika suatu saat nanti terjadi sengketa. Selain itu, akta otentik merupakan instrumen perlindungan hukum bagi pemiliknya. Dalam hal jual beli tanah dan bangunan, kini masyarakat sudah menyadari pentingnya legalitas dalam proses perbuatan perbuatan hukum yang akan dilakukan maupun sudah dilakukan dan kemudian dituangkannya dalam suatu dokumen dalam bentuk akta jual beli. Dimana pada saat penandatangan akta jual beli para pihak wajib datang ke kantor Notaris untuk melakukan penandatangan akta jual beli tersebut dihadapan Notaris agar menjamin kepastian hukum bagi para pihak terkait akta tersebut.&nbsp; Oleh karena itu notaris tidak bisa menerapkan work for home karena penandatangan akta autentik tetap mewajibkan tatap muka antar pihak yang berkepentingan. Hal tersebut mutlak dan tak bisa digantikan secara virtual. Maka dari itu Kantor Notaris-PPAT Dini Pranita S.H.,M.Kn harus tetap dapat beroperasi ditengah pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan. Mengingat untuk menjaga dan melangsungkan peran Notaris dalam membuat akta otentik guna tetap memenuhi kebutuhan masyarakat. Peran lain yang juga perlu dilakukan adalah menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai perbuatan hukum dan layanan kenotariatan di tengah pandemi Covid-19 agar masyarakat tahu dan mengerti. Melihat kondisi tersebut maka pengabdian kepada masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk melakukan penerapan protokol kesehatan di Kantor Notaris Dini Pranita S.H.,M.Kn.</p> Ni Luh Putu Dewi Purnama Yani, Ni Wayan Rustiarini Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1856 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800 Peningkatan Pemahaman Penataan Arsip Pendukung dan Pencatatan Arsip Pendukung Serta Proses Berkas yang sedang Dikerjakan https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1857 <p>Pengabdian ini dilakukan di Kantor Notaris-PPAT Ni Made Rai Margawathi, Sarjana Hukum yang bertempat di Jalan I Dewa Rai Hadnyana ex Jalan Batuyang Nomor 72 Batubulan, Gianyar. Kantor Notaris-PPAT yang merupakan profesi yang memberikan jasa dan memiliki kewenangan berbeda tetapi dapat dijalankan oleh satu orang. Pada kantor Notaris-PPAT penataan arsip pendukung dan pencatatan arsip pendukung serta pencatatan berkas yang sedang dikerjakan penting demi kelancaran dan kenyamanan saat memberikan pelayanan kepada klien. Maka dari itu penulis memberikan beberapa program kerja diantaranya memberikan informasi kepada seluruh karyawan mengenai pentingnya bukti transaksi dan pencatatan bagi staff, memberikan arahan kepada staf untuk selalu melakukan pembaruan pencatatan setiap proses berkas yang sedang dikerjakan dan memberikan informasi kepada staf untuk menyimpan bukti-bukti pembayaran yang telah diterima dan mengarsip bukti tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan staf dalam memberikan informasi yang cepat, akurat serta relevan kepada klien, untuk mengurangi kerugian perusahaan, untuk memudahkan staf saat penagihan biaya yang belum dibayar serta untuk memudahkan staf saat mencari arsip pada saat diperlukan</p> Putu Yunitha Eka Pratiwi , Ni Putu Yuria Mendra Copyright (c) 0 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/wirang/article/view/1857 Thu, 18 Mar 2021 00:00:00 +0800
slot online slot gacor slot