Peningkatan Pengelolaan Administrasi pada Perusahaan Ratu Bali, Di Kota Denpasar

Main Article Content

I Gede Angga Agastya Sueka Putra
I Gede Cahyadi Putra

Abstract

Tujuan pengabdian adalah peningkatan pengelolaan administrasi pada Perusahaan Ratu Bali. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan administrasi adalah pelatihan dan pendampingan langsung saat bekerja. Pelatihan mengenai administrasi dilakukan sebanyak 2 hari sedangkan pendampingan dilakukan selama tiga (3) minggu. Metode pengabdian ini bertujuan untuk mengurangi kelalaian dan meningkatkan kemampuan karyawan dalam kerapian dan ketelitian bekerja. Kesimpulan dari hasil penelitian ini staff karyawan sudah mulai melakukan kegiatan administrasi, yang meliputi; pengarsipan data dari klien dan SPT yang telah dilaporkan; membuat daftar data yang diperlukan dari klien; dan membuat daftar data yang akan dikembalikan kepada klien. Adapun faktor-faktor yang membantu keberhasilan ini yaitu pimpinan perusahaan yang mendukung kegiatan ini, serta antusiasme karyawan sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini.

Article Details

Section
Articles

References

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar. 2020. Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Peduli Pandemi Covid-19. Denpasar
Haryadi, Hendi. 2009. Administrasi Perkantoran Untuk Manajer & Staf. VisiMedia. Jakarta: ISBN.
Mulyapradana, Aria dan Lazulfa, Atik Indah, 2018. Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT. BAM Kabupaten Tegal. Juripol, Volume 1 Nomor Februari 2018.