Strategi Penanganan Kredit Macet di Koperasi Luhur Kedaton Bali Kecamatan Tabanan

Main Article Content

Sagung Agung Narayanti
Putu Kepramareni

Abstract

Koperasi Luhur Kedaton Bali adalah lembaga keuangan bukan bank yang kegiatan utamanya menyalurkan kredit kepada masyarakat. Kredit ini dapat menimbulkan resiko yang dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha tersebut, maka dari itu pelaksanaan usahanya harus berdasarkan pada prinsip kehatihatian dalam melakukan pemberian kredit yang sehat. Strategi penanganan kredit macet yang baik sangatlah penting guna menciptakan kerjasama yang baik untuk membangun perusahaan/instansi yang baik pula sesuai dengan visi dan misi perusahaan /instansi. Strategi penanganan kredit macet di Koperasi Luhur Kedaton Bali Kecamatan Tabanan belum maksimal, sehingga masih banyak kredit yang macet. Kurangnya kesadaran debitur dalam membayar kredit merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya banyak kredit macet. Dengan memberikan pemahaman kredit macet kepada karyawan, memberikan pembinaan kepada nasabah dan membuat flowchart pemberian kredit akan mengurangi tingkat kredit macet di Koperasi Luhur Kedaton Bali.


 

Article Details

Section
Articles

References

Anak Agung Intan Wulan Sari, 2018, “Pelaksanaan PerjanjianKredit Jaminan Perorangan Terkait Debitur Wanprestasi Pada Bank Perkreditan Rakyat”, Kertha Semaya Vol.6, No. 5.
Ni Luh Dery Suanjani, 2018, “Penyelesaian Kredit Macet. Dengan Jaminan Fidusia Berupa Piutang Fiktif”, Kertha Semaya Vol. 6, No. 5

Sari, Purnama. 2019. “Laporan Kuliah Kerja Magangprosedur Pemberian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Sumber Mas Jombang”. Jombang: Penerbit STIE PGRI Dewantara Jombang.

https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/1306023009-3-BAB%20II.pdf diakses tanggal 22 September 2020