Pembuatan Sop Pengajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 pada Smp Negeri Hindu 3 Blahbatuh

Main Article Content

Sang Ayu Setya Nusani
Bagus Nyoman Kusuma Putra

Abstract

Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk dapat memberikan kepastian dalam melaksanakan sistem pendidikan disekolah menengah pertama. SOP merupakan suatu sistem yang menunjukkan bagaimana alur yang dilakukan oleh pembuat kebijakan berdasarkan standar yang diterapkan pada sekolah. Dalam sebagian penelitian dikemukakan bahwa SOP sangat berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan bagi siswa, dikarenakan masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan saat ini sangat memperhatikan mutu lulusan lembaga pendidikan khususnya sekolah menengah pertama. Tuntutan mutu pada lingkup pendidikan merupakan faktor penting. Untuk memenuhi harapan masyarakat, maka diperlukan sistem penjaminan mutu untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh merupakan salah satu pelayanan pendidikan yang terletak di Kecamatab Blahbatuh Kabupaten Gianyar, SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh ini berdiri sejak tahun 2018 saat ini SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh memiliki 31 orang guru. Pelayanan yang diberikan pada SMP ini yaitu, untuk memberikan pembelajaran secara maksimal dan mendidik siswa agar menjadi disiplin dan tepat waktu sehingga nantinya bisa menjadi lulusan yang cerdas dan berkarakter

Article Details

Section
Articles

References

Hodges, et al. (2020). Pendekatan Saintiik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jeong. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, Vol. 2, No. 1, pp. 28-43.
Handayani, Lina. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research, Vol. 1, No. 2, pp. 16-17.
Sri Uchtiawati, I. 2014. Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas berstandar Internasional. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2, No. 1, pp. 52-56.
Imam Barnado, Sutari. 2016. Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proes Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 1, pp.74-80.
Wang, et al. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Online di Era Krisis. Journal of Advanced Science and Technology, Vol. 2, No. 9, pp. 20-41.