POTRET PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WHATSAPP, GOOGLE CLASSROOM, DAN YOUTUBE DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Gusti Ayu Dewi Setiawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Ekayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Whatsapp, Google Classroom, Youtube, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengancam dan menantang berbagai sektor, salah satunya adalah bidang pendidikan. Namun dengan adanya e-learning tantangan Covid-19 ini terjawab dan sekaligus memunculkan masalah baru, yaitu e-learning itu sendiri, yang mencakup berbagai faktor yaitu pengajar/guru, peserta didik, infrastruktur, dukungan managemen, budaya di sekolah dan kecenderungan untuk belajar tatap muka (So and Swatman, 2006). Hal tersebut juga berlaku pada mahasiswa semester IV di Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, di mana dosen dan mahasiswa juga dituntut untuk menggunakan platform yang memudahkan dalam melaksanakan pembelajaran. Sejak terjadinya pandemi, sebagian besar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi telah kembali pulang ke kampung halamannya. Agar tetap bisa belajar dari rumahnya, ke-19 mahasiswa tersebut menggunakan aplikasi seperti, whatsapp, google classroom, dan youtube, seperti yang telah dilakukan pada pembelajaran mata kuliah Materi IPA SMP di semester genap tahun 2019/2020.  Kolaborasi penggunaan ketiga aplikasi tersebut menimbulkan interaksi belajar, di samping juga sangat meringankan mahasiswa dari segi biaya.

Downloads

Published

2020-09-02