INTEGRASI KEARIFAN LOKAL BALI DI DUNIA PENDIDIKAN
Keywords:
integrasi, kearifan lokal, dunia pendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi kearifan lokal pada tingkat: (1) lembaga, (2) kurikulum, (3) pembelajaran, dan (4) sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode Systematic Review dengan langkah-langkah: (a) Identifikasi masalah; (b) Menetapkan lokasi basis data; (c) Seleksi hasil dan pemilihan penelitian yang relevan; (d) Ekstraksi data dari studi individu; (e) Sintesis hasil dengan metode naratif; dan (f) Penyajian hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada tingkat lembaga kearifan lokal diintegrasikan dapat berupa: (a) Pondasi manajemen dan tata ruang, (b) Sebagai konteks dan konten dalam penenaman nilai karakter bangsa, dan (c) dasar evaluasi kualitatif manajemen lembaga; (2) Pada tingkat kurikulum integrasi kearifan lokal dapat dimasukkan sebagai mata pelajaran lokal dan atau hidden curriculum. Ditinjau dari konten kearifan lokal yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum berupa: pengetahuan lokal, teknologi lokal, dan nilai kearifan lokal; (3) pada proses pembelajaran integrasi kearifan lokal dapat dilakukan dengan menggunakan kearifan lokal sebagai konten, konteks, padanan karakter bangsa, dan atau sebagai langkah-langkah dalam proses pembelajaran; (4) Integrasi Kearifan Lokal Bali dalam sumber belajar saat ini baru berupa konten/materi dan sebagai langkah/proses pembelajaran.