LETAK EDUKASI MASYARAKAT DALAM STRATEGI PENANGANAN PANDEMI COVID-19 BERBASIS ADAT DI BALI

Authors

  • Ida Bagus Ari Arjaya 4Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan 4Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Agung Gana Kumara 4Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Bambang Erawan 4Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pandemi COVID-19, Desa Adat, Transmisi Lokal, Edukasi Masyarakat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana letak edukasi masyarakat dalam strategi penanganan Pandemi COVID-19 Di Bali khususnya dengan menggunakan desa adat sebagai pilar utama penangananya. Metode dalam penelitian ini berupa metode penelusuran kepustakaan relevan terkait dengan Pandemi COVID-19. Secara umum strategi penangan COVID-19 yaitu 1) strategi COVID-19 merupakan stategi penanganan yang berlapis yaitu dimulai dari kebijakan berupa surat edaran berisi himbauan dan instruksi detail mengenai arahan Presiden Jokowi 2) koordinasi pelaksanaan operasional Covid-19 di kabupaten/kota, 3) kebijakan di wilayah adat dengan membentuk pararem dan satgas COVID-19 Berbasis adat. Secara umum strategi penanganan COVID-19 yaitu 1) strategi COVID-19 merupakan stategi penanganan yang berlapis yaitu dimulai dari kebijakan berupa surat edaran berisi himbauan dan instruksi detail mengenai arahan Presiden Jokowi 2) koordinasi pelaksanaan operasional Covid-19 di kabupaten/kota, 3) kebijakan di wilayah adat dengan membentuk pararem dan satgas COVID-19 Berbasis adat. Edukasi masyarakat di Bali merupakan kegiatan yang unik karena edukasi tersebut tidak hanya bersifat material (skala) akan tetapi juga secara immaterial (niskala) kombinasi kedua konsep ini di dalam penanganan kasus COVID-19. Informasi edukasi yang diberikan harus berdasarkan hasil analisis dan melibatkan ahli secara multidisipliner. Cara penyampaian informasi ke masyarakat juga sangat berpengaruh terhadap bagaimana informasi tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Cara berkomunikasi harus memperhatikan cara berdialog, konteks, karakter masyarakat, dan manajemen emosi ketika penyampaian materi.

Downloads

Published

2020-11-09