PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Ni Made Krisna Arum Listyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Nilai perusahaan, profitabilitas, leverage, kebijakan dividen

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran stakeholder, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel ukuran profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan yang di proksikan dengan PBV (Price Book Value). Sampel penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 dengan jumlah 10 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) profitabilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (2) leverage mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) kebijakan dividen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi dari 3 variabel independen tersebut terhadap nilai perusahaan sebesar 73,8%, sedangkan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang tidak dimasukan dalam analisis ini

References

Analisa, Yangs. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.
Ang, Robert. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Media staff Indonesia.
Brigham, Eugene F, dan Houston. Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1, (Ahli Bahasa : Ali Akbar Yulianto). Jakarta: Salemba Empat.
Brigham, Eugene F, dan Houston. Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 2, (Ahli Bahasa : Ali Akbar Yulianto). Jakarta: Salemba Empat.
Brigham, Eugene F, dan Gapenski, LouiseC. 1996. Intermadite Finance Management, Fifth Edition. New York: The Dryden Press.
Dewi, Gusti Ayu Chandni., dan Sudiartha, Gede Merta . 2014. Pengaruh Price Earning Ratio, Dividen Payout Ratio, Return On Assets, Tingkat Suku Bunga SBI, serta Kurs Dollar terhadap Harga Saham pada perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen. Universitas Udayana, Vol. 3. No. 6.
Ghozali, Imam. 2013 Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (edisi ketujuh). Universitas Diponegoro, Semarang.
Hanafi, Mamduh. 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.
Harmono, 2009, Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis), Bumi Aksara, Jakarta.
Hermawati, Titin. 2013. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang termasuk Indeks Kompas 100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Jogianto, HM. 2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE UGM.
Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Martono., dan Harjito, Agus. 2010. Manajemen Keuangan. Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: Ekonisia.
Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Novari, Putu Mikhy., dan Putu Vivi Lestari. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol, 5, No. 9.
Novasari. Ema. 2013. Pengaruh PER, EPS, ROA, dan DER terhadap Harga Saham Perusahaan Sub-Sektor Industri Textile yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Petronila, T.A., dan Mukhlasin. 2003. Pengaruh Profitabilitas Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan dengan Opini Audit Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, pp. 17-26.
Rahimsyah, Leli Amanah., dan Gunawan, Barbara. 2011. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Investasi. Vol. 7, No. 1, Hlm.31-45.
Salvatore, Dominick. 2005. Managerial Economics. Fifth Edition, Singapore: Thomson Learning.
Sambora, Mareta Nurjin. 2014. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8, No.1.
Sudana, I Made. 2009. Manajemen Keuangan Teori dan Praktik. Surabaya: Airlangga Univesity Press.
Sugiarti, Dani. 2015. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividend an Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Utama, Siddharta., dan Anton Yulianto Budi Santosa. 1998. Kaitan antara Rasio Price/Book Value dan Imbal Hasil Saham pada Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 1, No. 1, Hlm. 127-140.
Wiratmo, Masykur. 2001. Pengantar Kewiraswastaan (Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis). Yogyakarta: BPEE.
Weston, J. Fred. & Copeland, Thomas, E. 1992. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Published
2020-12-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>