PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICESCAPE DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MENGINAP PADA OM HAM RETREAT UBUD, GIANYAR

Authors

  • I Putu Gd. Widnyana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Suardika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Servicescape, Sosial Media, Keputusan Menginap

Abstract

Keberadaan pelayanan berkualitas dalam sektor perhotelan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan keputusan wisatawan untuk menginap. Dalam hal ini, Om Ham Retreat Ubud, Gianyar, yang dikenal dengan konsep "healing hotel", perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan, servicescape, dan strategi pemasaran melalui media sosial untuk menarik lebih banyak wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, servicescape, dan media sosial terhadap keputusan wisatawan untuk menginap. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang merupakan wisatawan domestik dan mancanegara. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan pengumpulan data melalui kuesioner skala Likert. Data diolah menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap, servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap, serta sosial media juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap.

Downloads

Published

2025-06-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>