PENDAMPINGAN PEMBUATAN VIDEO KONTEN PROMOSI UNTUK MEDIA SOSIAL DI DESA WISATA TISTA SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI “THE SECRET BEAUTY OF TISTA
Keywords:
pelatihan, video konten, media sosial, Desa TistaAbstract
Potensi wisata alam menjadikan Desa Tista sebagai salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan
Kerambitan Kabupaten Tabanan. Semboyan, “The Secret Beauty of Tista memiliki harapan agar desa ini
dikenal orang wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Namun berdasarkan hasil analisis situasi, sistem
promosi yang dimiliki masih sangat sederhana, terlebih pasca pandemi sistem promosi semakin tidak
terarah sehingga diperlukan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan
dan evaluasi secara berkala untuk memastikan hasil pelatihan dapat diterapkan secara baik dan efektif,
dengan tujuan membantu Desa Tista dalam meningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana
promosi desa yang lebih optimal, serta meningkatkan kualitas kemampuan berbahasa Inggris sesuai dengan
hospitality yang benar, secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan membuat konten media
sosial menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Apalagi saat ini Desa Tista sedang membenahi
obyek wisata baru yaitu, “DUDU”. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Universitas Mahasaraswati
Denpasar ini adalah Program dengan Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat. Kegiatan pendampingan
yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Universitas Mahasaraswati Denpasar ini merupakan Program
Kemitraan Masyarakat (PKM) yang terlaksana dengan hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan
Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Ristek tahun 2023. Dosen berkolaborasi bersama
mahasiswa untuk membantu Desa Tista lebih terkenal serta memaksimalkan potensi dari media sosial
sebagai sarana promosi desa yang lebih efektif sehingga berdampak positif terhadap peningkatan jumlah
kunjungan wisawan sehingga secara langsung berdampak pada perekonomian masyarakat di Desa Tista
secara keseluruhan.