PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP KOTA JAYAPURA

Authors

  • Servo Kocu UNCEN
  • Nancy Wompere UNCEN
  • Adelce Ferdinandus UNCEN

Keywords:

Pengembangan, media pembelajaran, kontekstual

Abstract

Sistem Pendidikan Nasional saat ini menuntut guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi berbasis
komputer atau Internet dalam pembelajaran. Namun demikian, tuntutan ini tidak sejalan dengan kesiapan
untuk mengintegrasikan teknologi berbasis ICT ini, baik kemampuan guru untuk melaksanakannya maupun
fasilitas teknis penunjang. Hal ini juga masih menjadi masalah untuk sejumlah guru bahasa Inggris SMP di
Kota Jayapura. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru
dalam memanfaatkan beberapa aplikasi Internet sebagai media alternatif pembelajaran bahasa Inggris di
Kota Jayapura. Kegiatan ini didasari oleh prinsip pembelajaran kontekstual (CTL) dengan memanfaatkan
media/teknologi yang berada dalam jangkauan guru dan siswa. Kegiatan pengabdian ini berbentuk
workshop sharing pengalaman dan ide selama 2 hari. Pengabdian didahului dengan identifikasi masalah
dan diakhiri dengan evaluasi akhir. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemahaman dan
keterampilan mereka dalam memanfaatkan media kontekstual meningkat yang ditunjukkan dalam hasil
karya yang disajikan dan respon serta komentar yang diberikan baik secara lisan maupun melalui angket
evaluasi pencapaian kegiatan.

Downloads

Published

2024-01-05

Issue

Section

Articles