KAMPUS MENGAJAR MANDIRI (KMM) UNMAS DENPASAR: PENGEMBANGAN MATERI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS VIDEO PENDEK TIKTOK BAGI SISWA SISWI SMA N 1 PENEBEL KABUPATEN TABANAN, BALI

Authors

  • Gede Irwandika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Perdana Skolastika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Laksani Rose Puteri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

bahasa Inggris, video, tiktok, unmas, denpasar

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendampingi mahasiswa dan guru dalam mengembangkan materi Bahasa Inggris berbasis video pendek pada platform TikTok bagi siswa dan siswi SMA Negeri 1 Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa ketika masa observasi ditemukan bahwa banyak siswa yang mengeluh karena kurangnya materi yang tersedia di buku paket Bahasa Inggris kurang menarik. Hal ini terjadi karena materi teksbook kurang interaksi sehinga minat belajar mahasiswa turun dalam belajar Bahasa Inggris. Adapun program pengabdian yang telah dilakukan guna menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pendampingan guru dan mahasiswa yang mengajar di sekolah tersebut untuk membuat konten materi Bahasa Inggris yang dapat diberikan ke siswa di sekolah tersebut. Pendampingan ini dilakukan selama 3 bulan dari bulan Maret-Juni 2023. Terbukti dari tingginya minat belajar siswa Ketika diberikan materi audio visual dengan platform tiktok. Hasil akhir terlihat adanya peningkatan semangat belajar siswa yang ditandai dengan perubahan sikap, tingkah laku, dan nilai kognitif yang dilakukan melalui test.

Downloads

Published

2024-01-05

Issue

Section

Articles