PELATIHAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE STORYTELLING DI SDN 2 JATILUWIH

Authors

  • I Made Yogi Marantika
  • I Komang Nugraha Darma Putra

Keywords:

Storytelling, Kosakata Bahasa Inggris, Metode Pengajaran

Abstract

Metode pembelajaran sangatlah berpengaruh terhadap penyerapan materi peserta didik. Metode adalah cara
kerja yang sistematis yaitu artinya dapat mempermudah pelaksanaan agar kondusif dalam mencapai tujuan
yang sudah ditentukan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan
kosakata Bahasa Inggris bagi peserta didik SDN 2 Jatiluwih dengan metode storytelling yang mengalami
kendala dalam belajar kosakata Bahasa Inggris karena metode belajar yang membosankan dan kesulitan
dalam menghafal kosakata Bahasa Inggris. Ada dua tahap pelaksanaan pendampingan belajar dengan
kosakata Bahasa Inggris dengan metode storytelling ini, yaitu tahap penyampaian storytelling dan tahap
praktik. Peserta didik nampak sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi kegiatan namun untuk melihat
apakah metode ini berhasil atau tidak dalam peningkatan kosakata Bahasa Inggris soal pre-test dan posttest diberikan. Hasil post-test memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandigkan dengan hasil pre-test.
Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa metode storytelling berhasil dalam meningkatkan penghafalan
kosakata Bahasa Inggris bagi peserta didik kelas 6 di SDN 2 Jatiluwih.

Downloads

Published

2024-01-05

Issue

Section

Articles