PELATIHAN PEMBUATAN BROSUR DESA WISATA BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESTINASI PARIWISATA
Keywords:
brosur wisata, desa wisata, destinasi pariwisata, media promosiAbstract
Destinasi Tujuan Wisata (DTW) Jatiluwih, dengan keindahan alam dan warisan budaya yang dimilikinya, telah menjadikan salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Namun, potensi desa wisata ini belum sepenuhnya tercermin dalam tingkat publikasi yang memadai, baik publikasi cetak maupun digital. Salah satu kendala yang dapat diidentifikasi adalah kurangnya brosur berbahasa Inggris yang efektif sebagai media promosi destinasi pariwisata untuk menarik perhatian wisatawan asing dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk memberdayakan para pelaku pariwisata dengan keterampilan membuat brosur berbahasa Inggris yang menarik dan informatif untuk meningkatkan visibilitas Desa Wisata Jatiluwih di tingkat internasional untuk mempromosikan warisan alam dan budaya bagi pertumbuhan ekonomi lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Beberapa metode diaplikasikan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, seperti metode wawancara awal dalam mengidentifikasi kebutuhan pelaku pariwisata terkait pelatihan pembuatan brosur wisata berbahasa Inggris dan metode analisis literatur. Setelah pelatihan dan pendampingan dilakukan, dilakukan uji ahli dan uji konten terhadap produk yang dihasilkan. Melalui proses pengujian, dapat disimpulkan bahwa brosur desa wisata berbahasa Inggris yang dikembangkan layak digunakan oleh pelaku pariwisata untuk membantu proses promosi desa wisata Jatiluwih.