PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MELALUI GERAKAN BACA BUKU (GEBU) DI SMP SANTI YASA PETAK

Authors

  • Tustiawati Ida Ayu Mela Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Putra I Gde Agoes Caskara Surya Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Damayanti Putu Julia Nirmala Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewi Tjokorda Istri Oktadiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sari Putu Rindy Cipta Universitas Udayana

Keywords:

GLS, Literasi, Membaca,

Abstract

Tujuan program pengabdian Masyarakat ini adalah membantu meningkatkan kemampuan literasi membaca
siswa dan siswi SMP Santi Yasa Petak di Desa Petak, Gianyar. Program pengabdian Masyarakat ini
diwujudkan untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional terutama Gerakan Literasi Sekolah. Selain itu,
kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung program Kampus Mengajar yang dilaksanakan oleh
pemerintah guna untuk menjembatani pembelajaran yang tertinggal dikarenakan pembelajaran daring yang
sebelumnya dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Meskipun Gerakan Literasi Sekolah bukanlah
sebuah program yang baru dilaksanakan, pada kenyataannya belum banyak sekolah yang mampu
menerapkan program dengan maksimal dikarenakan adanya beberapa kendala yang dihadapi masingmasing sekolah. SMP Santi Yasa Petak sendiri memiliki kendala yang berasal dari beberapa aspek: (1)
rendahnya dukungan orangtua dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dan (2) rendahnya motivasi peserta
didik untuk datang dan belajar di sekolah yang berdampak pada sulitnya pengaplikasian program literasi
yang telah direncanakan oleh sekolah. Dengan demikian, target dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk
memberikan pendampingan pada pendidik dalam melaksanakan program literasi sekolah. Hasil kegiatan
menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran literasi di sekolah.
Selain itu, siswa menunjukkan ketertarikan terhadap kegiatan pada saat kegiatan diberikan dengan metode
yang bervariasi dan lebih melibatkan peserta didik dalam pelaksanaanya.

Downloads

Published

2024-01-05

Issue

Section

Articles