PROMOSI DARING KOPI LAMTORO: UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KECIL DI LINGKUNGAN PANDE, KECAMATAN SEMARAPURA KELOD KANGIN, KLUNGKUNG
Keywords:
promosi daring, usaha kecil, Kopi Lamtoro, pandemiAbstract
Lingkungan Pande, Kecamatan Semarapura Kelod Kangin, Klungkung merupakan tempat dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Lingkungan Pande ini juga merupakan tempat dimana masyarakat sasaran pengabdian tinggal. Akibat pandemi Covid-19, masyarakat luas terdampak baik kondisi kesehatan, psikologi, pendidikan, sosial, bahkan sektor ekonomi yang turut memprihatinkan. Masyarakat di lingkungan Pande pun tidak luput dari dampak wabah Covid-19. Adapun target luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu usaha kecil masyarakat sasaran agar dapat meningkatkan penjualan dengan berbagai metode promosi diantaranya melakukan labelling dalam pengemasan produk, dan mampu menggunakan media sosial dalam pemasaran produk. Target lainnya adalah mengedukasi masyarakat sasaran untuk dapat membuat pembukuan dan laporan keuangan yang mudah dan tertata. Kegiatan pengabdian ini berhasil mengedukasi dan membantu masyarakat sasaran untuk menunjang perekonomian pada situasi pandemi.