UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PRAMUSAJI TERHADAP TAMU DI TOYA DEVASYA RESORT & VILLA
Keywords:
restoran, kualitas pelayanan, pramusajiAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Toya Devasya Resort & Villa pada departemen Food and Beverage dengan alasan adanya temuan permasalahan penurunan kualitas pelayanan pramusaji yang diperoleh pihak manajemen pada ulasan sosial media yang dimiliki oleh pihak perusahaan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui dan membantu upaya pihak hotel dalam meningkatkan kualitas pelayanan pramusaji dan juga meningkatkan ulasan positif dari banyaknya pengunjung yang telah datang khususnya di restoran Toya Devasya Resort & Villa. Hasil dari pengabdian ini diperoleh bahwa pihak manajemen sudah memberikan upaya-upaya agar selalu dapat meningkatkan pelayanan pramusaji dan juga pihak manajemen sudah melakukan upaya meningkatkan kualitas pada masa pandemi ini, dengan menerapkan protokol kesehatan untuk meningkatkan keberhasilan pariwisata agar dapat segera pulih, memberikan pelatihan bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan pramusaji dalam berkomunikasi yang baik dengan tamu atau pelanggan, dan memberi pelatihan pengenalan produk (produk atau fasilitas yang ditawarkan kepada tamu). Akan tetapi usaha untuk meningkatkan ulasan tamu belum bisa secara maksimal dilakukan karena belum terlalu pulihnya kegiatan pariwisata di Bali. Ulasan yang positif terhadap manajemen ataupun pelayanan yang diberikan akan sangat membantu meningkatkan prestise dan sugesti tamu atau pelanggan dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk memutuskan membeli atau menggunakan pelayanan di restoran Toya Devasya Resort & Villa. Ini adalah salah satu alasan mengapa review atau ulasan di berbagai sosial media sangat penting bagi para pembisnis atau perusahan yang ada.