KOLABORASI DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS LURING PADA SISWA SISWI SMA NEGERI 1 PENEBEL, KABUPATEN TABANAN, BALI

Authors

  • Gede Irwandika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Wulandari Oktapiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kamila Rizkya Ramadani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kolaborasi, dosen, mahasiswa, motivasi, bahasa inggris

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendampingi siswa dan siswi SMA Negeri 1 Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali dalam belajar Bahasa Inggris. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa ketika masa observasi ditemukan bahwa banyak siswa yang mengeluh karena kurangnya motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Inggris dengan metode daring. Hal ini terjadi karena selama pandemic Covid-19 siswa hanya belajar daring, kurang interaksi langsung dengan guru di sekolah. Hal tersebut secara tidak langsung mempengaruhi motivasi belajar siswa. Adapun program pengabdian yang telah dilakukan guna menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pendampingan langsung dari dosen dan mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar. Kolaborasi dosen dan mahasiswa khususnya dari Unit Kegiatan Mahasiswa SEC (Sustainable Education Community) membuahkan hasil yang baik. Pendampingan ini dilakukan selama 6 bulan dari bulan Maret-September 2022. Terbukti dari tingginya minat belajar siswa Ketika diberikan pendampingan langsung. Hasil akhir terlihat adanya peningkatan semangat belajar siswa yang ditandai dengan perubahan sikap, tingkah laku, dan nilai kognitif yang dilakukan melalui test.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles