UPAYA PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN TEKNIK GAMLING DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SDN 4 SESETAN

Authors

  • Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Lily Antari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, Pembelajaran daring, fitur aplikasi

Abstract

Salah satu sektor yang terdampak pandemi covid saat ini adalah sektor pendidikan, pemerintah senantiasa mengubah sistem pembelajaran yang semulanya dilaksanakan di dalam kelas menjadi pembelajaran dengan sistem daring atau secara online. Hal ini tentunya tidak dapat diterima langsung oleh seluruh pelajar dan orang tua di Indonesia. Pembelajaran daring ini menyebabkan banyak pelajar yang tertekan dalam segi psikis maupun jasmaninya karena ketidaksiapan dalam menghadapi perubahan sistem pembelajaran ini. Pembelajaran daring menggunakan berbagai fitur aplikasi yang ada pada gawai dan juga teknologi lainnya secara online. Namun proses pembelajaran online ini tidak sepenuhnya berjalan sesuai dengan rencana. Melalui kegiatan pengabdian ini, beberapa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran dengan pembelajaran online. Kurangnya pemahaman dari siswa dan orang tua siswa dalam pemakaian fitur-fitur aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran online. Selain itu, pembelajaran online menyebabkan kejenuhan pada siswa karena kurangnya interaksi dan pemberian materi dari sekolah yang kurang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut beberapa solusi dilaksanakn mengenai cara penggunaan fitur aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran online dan penggunaan fun learning.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles