IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA INTENSIF SISWA STT BANJAR KARANGANYAR
Keywords:
CIRC, membaca intensif, pemahaman membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahamam membaca intensif siswa sebelum dan setelah memiliki pengalaman belajar menggunakan model pembelajaran CIRC oleh tenaga pengajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMA/SMK yang menjadi anggota STT Banjar Karanganyar, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom selama lima bulan, dimulai pada bulan Februari 2022 hingga Juni 2022. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siswa dengan menggunakan tes keterampilan membaca dan berbahasa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif berdasar pada pedoman konversi skala lima. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC di kelas mampu meningkatkan pemahaman membaca intensif siswa/siswi STT Banjar Karanganyar. Hal ini dibukktikan dari meningkatknya nilai rata-rata tes siswa dengan nilai rata-rata 51.3 pada pre-test meningkat menjadi 72 pada post-test.