PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DAN PENGUATAN BRANDING PADA UMKM MAMA NYANYA

Authors

  • Putu Nur Ayomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Juniartha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Muhammad Devin Ardiansyah Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Udi Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

UMKM, digital marketing, branding

Abstract

Sektor UMKM merupakan salah satu bagian penting penggerak ekonomi masyarakat yang sedang digalakkan keberadaannya di Indonesia. Namun sebegai sektor yang diinisiasi masyarakat, seringkali UMKM mengalami beberapa kendala dan membutuhkan pembinaan. Salah satunya adalah UMKM Mama Nyaya yang masih kesulitan dalam promosi dan branding produk kebaya yang dijualnya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberi solusi pada permasalahan yang ditemukan selama observasi. Solusi yang diberikan terhadap permasalahan tersebut adalah dengan mengajarkan UMKM mengenai pemanfaatan pemasaran digital dan marketplace serta penguatan branding yang dilaksanakan dengan tiga cara yaitu pembuatan logo usaha, pembuatan paperbag dan pembuatan kartu nama.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles