PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA PESERTA LATIH LPK LPJ BALI

Authors

  • Made Henra Dwikarmawan Sudipa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Rai Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Meilantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pembelajaran, komunikatif, bahasa Jepang

Abstract

Lembaga Pelatihan Kerja atau LPK adalah suatu wadah atau tempat yang memberikan pelatihan kerja yang nantinya akan ditempatkan di luar negeri. Peserta latih akan diberikan pembelajaran berupa bahasa, budaya dan perilaku agar lulusan siap untuk bekerja di negara tujuan. LPK LPJ Bali adalah salah satu lembaga pelatihan kerja yang memenuhi syarat dari pemerintah untuk menyelenggarakan pelatihan kerja khususnya di negara Jepang. Peserta latih diajarkan bahasa Jepang mulai dari tingkat dasar atau N5 sampai tingkat N3. Kegiatan  ini fokus kepada peserta latih yang mempelajari bahasa Jepang tingkat N4. Metode yang  diterapkan adalah pendekatan komunikatif yang menekankan pada aspek komunikasi,  interaksi dan mengembangkan kompetensi kebahasaan, serta keterampilan berbahasa untuk  mencapai tujuan pembelajaran bahasa. Kegiatan ini dilakukan setiap minggu sebanyak 2  sampai 3 kali pertemuan. Kegiatan ini diawali dengan pemberian angket untuk mengetahui  kemampuan setiap peserta. Kemudian pendekatan komunikatif dilakukan dengan cara  mendengarkan percakapan, permainan dalam melatih kosakata, dan ujian kemampuan.  Berdasarkan hasil kegiatan, peserta latih memperlihatkan peningkatan baik itu dari  kosakata, tata bahasa maupun percakapannya.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles