PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN SKILL DIGITAL PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN BALI AS SALAM

Authors

  • L.Virginayoga Hignasari Fakultas Teknik Universitas Mahendradatta
  • Wayan Ardani
  • Nurianto Rachmad Soepadmo

Keywords:

anak asuh, bali as salam, literasi digital, panti asuhan, digital

Abstract

Dengan adanya tuntutan perkembangan teknologi yang sangat pesat, seharusnya anak-anak di panti asuhan bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang digitalisasi. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada anak asuh untuk belajar tentang digitaliasi yang pada akhirnya berdampak kepada penguatan kemampuan literasi digital anak. Adapun lokasi kegiatan pengabdian ini adalah di Panti Asuhan Bali As Salam Denpasar. Kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dasar komputer, membuat content sosial media, digital marketing, pembelajaran coding sederhana, pelatihan terkait penggunaan media digital dengan baik dan bijaksana dan pemberian bantuan sarana digital. Data yang dikumpulkan dalam kegiatan ini adalah data berupa kemampuan literasi digital sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan, motivasi belajar anak dan minat belajar digital. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi awal anak asuh adalah 89, 75 yang termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan literasi digital setelah kegiatan adalah 98,55 yang termasuk dalam kategori cukup. Dari hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan kemampuan literasi digital sebelum dan sesudah kegiatan meskipun tidak terlalu signifikan. Hal ini juga didukung dengan nilai rata-rata motivasi belajar dan minat belajar digital anak yaitu yang masing-masing termasuk dalam kategori cukup dan tinggi

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles