OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL DAN PENERAPAN PEMBUKUAN SEDERHANA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO EKA

Authors

  • Sagung Oka Pradnyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Indah Kusuma Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Mita Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pemasaran digital, pembukuan sederhana, penjualan

Abstract

UMKM menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak atas terjadinya pandemi, begitu
pula yang dialami Toko Eka yang telah berdiri sejak tahun 1999 dengan pokok usaha
menjual berbagai produk kebutuhan rumah tangga secara ecer maupun grosir dan berlokasi
di Sanur, Bali. Permasalahan yang dihadapi meliputi penurunan penjualan yang signifikan
karena kunjungan wisatawan dan daya beli masyarakat yang rendah serta tidak ada standar
akuntansi yang diterapkan untuk dapat mengevaluasi secara pasti kondisi keuangan di
setiap periode. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pemasaran digital dan
penerapan pembukuan awal sederhana dengan beberapa tahapan meliputi observasi,
persiapan, pelaksanaan program, pendampingan dan evaluasi. Pada akhir kegiatan tingkat
ketercapaian atas program pemasaran digital melalui media sosial seperti facebook,
WhatsApp dan Instagram telah tercapai 100%. Pemesanan barang secara online dan
pengantaran yang real time menarik perhatian pelanggan. Program kedua terkait sistem
pembukuan tercapai 100% dimana Toko Eka dapat mulai mengevaluasi setiap biaya dan
kondisi keuangan toko dengan sangat baik.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles