PEMANFAATAN MARKETPLACE DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN AKIBAT COVID-19 PADA WARUNG KECIL SEMINYAK

Authors

  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Risa Ayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

covid-19, marketplace, media sosial, instagram, facebook

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global tentu saja berdampak terhadap berbagai sektor terutama di sektor ekonomi. Dampak perekonomian ini tidak hanya di rasakan secara domestik, namun juga terjadi secara global. Di Indonesia, Hal ini tentunya juga memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap pariwisata, sector perdagangan kecil dan menengah. Salah satu bisnis yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 yaitu salah satu bisnis yang terkena dampak pandemi berdasarakan hasil observasi yang telah dilakukan yaitu Warung Kecil Seminyak yang beralamat di Jalan Drupadi 2, Seminyak, Kuta Utara, Badung. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa adanya penurunan penjualan setelah pandemi Covid-19. Pelaku bisnis kurangnya pemahaman bagaimana cara pemasaran melalui marketplace contohnya: Grab dan mitra usaha ternyata belum menggunakan media sosial Instagram dan Facebook untuk melakukan promosi usahanya serta pentingnya bagi karyawan untuk menerapkan prokes pada saat bekerja. Program kerja yang dilakukan yaitu, pendampingan kepada mitra dalam edukasi serta pelatihan mengenai bagaimana cara menggunakan media digitalisasi online (Grab) dan membantu mitra untuk menggunakan dan mengembangkan media sosial Instagram dan Facebook serta pentingnya prokes pada saat melakukan kegiatan transaksi. Adapun hasil dari program kerja ini adalah dengan mendaftarkan usaha ke marketplace Grab mitra dapat mempermudah penjualan tanpa mengeluarkan budget dan penggunaan media sosial Instagram dan Facebook dapat menarik lebih banyak calon konsumen.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles