PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERBASIS OUTCOME FAKULTAS TEKNIK UNIVET BANTARA OLEH LPPMP UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Authors

  • Artono Dwijo Sutomo Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah
  • Budi Legowo Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah
  • Tri Murwaningsih Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah
  • Anjar Sri Ciptorukmi Nugraheni Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah
  • Bambang Kusharjanta Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah
  • Sarwiji Suwandi Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah
  • Setyo Sri Rahardjo Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah
  • Sri Marmoah Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah

Keywords:

OBE, OBC, OBLT, OBAE, Kurikulum

Abstract

Grup Riset Sistem Pembelajaran, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret (RG Sistem Pembelajaran LPPMP UNS) yang terdiri dari staf pengembang pada Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret (PPSP LPPMP UNS) telah melakukan pendampingan pengembangan Pendidikan Berbasis Outcome atau Outcome Based Education (OBE) pada Fakultas Teknik Universitas Veteran Bangun Nusantara (FT Univet Bantara) di kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan pendampingan berupa Kelompok Diskusi Terpumpun (FGD) melibatkan unsur RG Sistem Pembelajaran LPPMP UNS dan institusi mitra (FT Univet Bantara) untuk menemukenali permasalahan dalam pengembangan pembelajaran berbasis capaian OBE di Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Industri, Fakultas Teknik Univet Bantara Sukoharjo. Hasil FGD menyepakati penyelenggaraan Workshop Pengebangan Pendidikan Berbasis Outcome yang terdiri atas: 1) Pendampingan re-orientasi kurikulum berbasis capaian (outcame based curriculum, OBC), 2) Pelatihan pengembangan bentuk dan metode pembelajaran berbasis capaian (outcome-based learning and teaching, OBLT) dan 3) Pelatihan pengembangan penilaian dan evaluasi pembelajaran berbasis capaian (outcome-based assessment and evaluation, OBAE). Dari kegiatan pendampingan diharapkan FT Univet Bantara dapat mempunyai rumusan OBE yang tepat dalam penyusunan kurikulum untuk 2 program studinya.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles