OPTIMALISASI PEMASARAN PADA JASA BIMBINGAN BELAJAR KUMON BUMI DALUNG PERMAI
Keywords:
Kumon, pemasaran digital, media sosialAbstract
Kumon adalah salah satu program pendidikan nonformal yang sudah sangat terkenal di dunia. Kumon telah dibangun di 57 negara dan lebih dari empat juta anak mengikuti kursus ini. Tetapi sebagai akibat dari pandemi Covid-19, banyak bimbingan belajar Kumon yang mengalami penurunan jumlah siswa, salah satunya dialami oleh Kumon di wilayah Bumi Dalung Permai, bahkan ketika pandemi sudah mulai terkendali seperti saat ini, penurunan jumlah siswa masih tetap terjadi. Dari permasalahan tersebut, didapatkan sebuah solusi untuk meningkatkan pemasaran Kumon Bumi Dalung Permai melalui promosi digital, berupa pembuatan brosur digital yang dikirim melalui WhatsApp, serta pembuatan konten Instagram untuk menarik perhatian orang tua dan siswa. Dari solusi tersebut didapatkan manfaat berupa peningkatan jumlah siswa, serta membuat perkerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.