PEMANFAATAN INSTAGRAM DAN MEDIA ONLINE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAS LEMBU

Authors

  • Adli Universitas Sumatera Selatan
  • Leti Karmila Universitas Sumatera Selatan
  • Raudhatus Sa’adah Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

media online, UMKM, Mas Lembu

Abstract

Perkembangan era digital saat ini sedang sangat maju di mana perkembangan media sosial untuk penjualan produk menjadi salah satu pilihan terbaik untuk strategi pemasaran yang telah banyak dilakukan oleh para pengusaha baik usaha besar maupun UMKM. Penjualan online menjadi alternatif terbaik yang dapat dikembangkan saat pandemi covid-19 melanda. UMKM Mas Lembu merupakan UMKM yang sudah ada sejak tahun 2018 menjual produk olahan ikan lele berbumbu instan. Konsumen yang menjadi sasaran adalah ibu-ibu pekerja yang memiliki waktu terbatas untuk menyediakan lauk makan untuk keluarga. Penjualan produk ikan lele berbumbu menurun sejak terjadinya Covid-19 sehingga tim membantu UMKM Mas Lembu untuk memasarkan produk ikan lele berbumbunya melalui media sosial yaitu dengan pemasaran secara online melalui promosi di media sosial seperti Instagram, melalui media online dan juga melalui siaran radio. Kegiatan pengabdian ini dilakukan mulai dari sosialisasi, pembuatan akun Instagram, pembuatan konten, publikasi di radio dan lain-lain. Hasil dari pemasaran secara online produk ikan lele berbumbu mengalami peningkatan sehingga produk ikan lele berbumbu (Mas Lembu) semakin diminati oleh masyarakat Kota Palembang.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles