PEMBENTUKAN PROPAKTANI DI DESA LAMBUSA UNTUK MEMPERKUAT PEMASARAN HASIL PERTANIAN
Keywords:
CSR, korporasi kelompok tani, pemasaranAbstract
Globalisasi ekonomi dan gelombang Revolusi Industri 4.0 yang mendunia dan memasuki hampir seluruh aspek kehidupan manusia dalam sektor ekonomi. Dalam mengembangkan ekonomi kreatif, faktor terpenting adalah sumber daya manusianya (human capital atau intellectual capital) disamping teknologi, institusi, pemasaran dan pembiayaan (UNDP, 2013). Seiring dengan meningkatnya kesadaran dan kepekaan para pemangku kepentingan perusahaan, konsep tanggung jawab sosial tampaknya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kelangsungan hidup perusahaan di masa depan (Satrio, 2015). Untuk keberlanjutan program perlunya mengintrodusir pelaku UMKM desa dan stakeholders pembangunan desa lainnya mengenai Aksesibiltas pasar, memberi pengetahuan pasar online serta penguatan kelompok tani melalui korporasi tani. Hasil dari pendampingan desa binaan dan CSR maka terbentuklah korporasi kelompok Petani. (PROPAKTANI) di Desa Lambusa sebagai langkah awal penetrasi pasar online.