PEMBENTUKAN PROPAKTANI DI DESA LAMBUSA UNTUK MEMPERKUAT PEMASARAN HASIL PERTANIAN

Authors

  • Nitri Mirosea Univeristas Halu Oleo
  • Yos Hasrul Perusahaan Daerah Konawe Selatan
  • Husin Universitas Halu Oleo
  • Irmawati Tamburaka Universitas Halu Oleo
  • Wali Aya Universitas Halu Oleo
  • Yuli Lestari Universitas Halu Oleo

Keywords:

CSR, korporasi kelompok tani, pemasaran

Abstract

Globalisasi ekonomi dan gelombang Revolusi Industri 4.0 yang mendunia dan memasuki hampir seluruh aspek kehidupan manusia dalam sektor ekonomi. Dalam mengembangkan ekonomi kreatif, faktor terpenting adalah sumber daya manusianya (human capital atau intellectual capital) disamping teknologi, institusi, pemasaran dan pembiayaan (UNDP, 2013). Seiring dengan meningkatnya kesadaran dan kepekaan para pemangku kepentingan perusahaan, konsep tanggung jawab sosial tampaknya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kelangsungan hidup perusahaan di masa depan (Satrio, 2015). Untuk keberlanjutan program perlunya mengintrodusir pelaku UMKM desa dan stakeholders pembangunan desa lainnya mengenai Aksesibiltas pasar, memberi pengetahuan pasar online serta penguatan kelompok tani melalui korporasi tani. Hasil dari pendampingan desa binaan dan CSR maka terbentuklah korporasi kelompok Petani. (PROPAKTANI) di Desa Lambusa sebagai langkah awal penetrasi pasar online.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles