SOSIALISASI PRODUK MAKANAN SEHAT PADA MASYARAKAT SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASASRAN DI TOKO SATVIKA BHOGA SANUR
Keywords:
UMKM, marketing, media sosial, produk makananAbstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus dapat bertahan di masa pandemi dan harus
mempunyai inovasi lebih untuk meningkatkan daya jual ke masyarakat dengan tetap terus
mematuhi protokol kesehatan. Toko makanan sehat Satvika Bhoga yang berada di Sanur
Kaja, Bali, merupakan salah satu UMKM yang terkena dampak dari pandemic Covid-19
dan mengalami penurunan daya jual selama pandemic. Untuk mengatasi masalah tersebut,
kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan menawarkan program kerja
untuk pemasaran produk yang ada di toko secara online melalui beberapa media sosial
seperti Facebook dan Instagram, menjadikan media sosial yang sudah ada sebagai sarana
dan sumber informasi seputar produk, dan membantu membuat petunjuk untuk produk di
toko dengan label/stiker menggunakan 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa
Inggris untuk mempermudah pelanggan lokal maupun pelanggan dari luar Bali yang datang
belanja ke toko. Hasil yang diperoleh adalah mitra merasa terbantu dengan diadakannya
program kerja ini karena dapat menarik lebih banyak pelanggan sekaligus memberikan
pengetahuan untuk masyarakat yang belum begitu aware dengan hidup sehat.