PENGELOLAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU-GURU SMP

Authors

  • Rita Raya Prodi Statistika, Universitas Cenderawasih
  • Ida Mariati Hutabarat Prodi Statistika, Universitas Cenderawasih
  • Marcelina Ema Koten Prodi Statistika, Universitas Cenderawasih

Keywords:

google classroom,, media pembelajaran, pembelajaran daring

Abstract

Terjadinya penyebaran covid 19 secara global berdampak pada semua aspek kehidupan tanpa terkecuali pada aspek pendidikan. Dengan keadaan seperti ini maka dibutuhkan strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Pembelajaran merupakan hal yang utama dalam sebuah institusi pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki dengan meningkatkan sarana pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran secara daring. Google classroom merupakan salah satu media dalam pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemic covid 19. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dalam mengelola kelas dengan memanfaatkan google classroom sebagai media pembelajaran, Membantu guru-guru dalam proses belajar mengajar secara daring. Metode Pelaksanaan program ini terdiri dari kegiatan ceramah, Tanya jawab dan demonstrasi. Pelatihan ini diikuti oleh 13 peserta dari guru-guru di SMP St Antonius Padua Sentani Kabupaten Jayapura. Setelah dilakukan pelatihan, para guru-guru dapat mengelola kelas di google classroom seperti membuat kelas online, memberikan materi, membuat absensi, memberikan tugas, Quis dan memberikan penilaian hasil belajar siswa. Melalui program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran di SMP St Antonius Padua Sentani Kabupaten Jayapura.

Downloads

Published

2023-01-16

Issue

Section

Articles