WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN QUIZIZ DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMP

Authors

  • Marleen M.A.F.Q. Sumampouw Universitas Negeri Manado
  • Helena M.L Pandi,DEA Universitas Negeri Manado

Keywords:

quiziz, pembelajaran online, pendampingan

Abstract

Guru harus memiliki kemampuan memilih, menggunakan, dan mengembangkan media pembelajaran agar proses belajar mengajar berjalan efektif dan menyenangkan. Sejak terjadi pandemi covid-19 tahun 2020 yang lalu, pemerintah Republik Indonesia mengharuskan para siswa belajar dari rumah. Untuk meminimalisir penyebaran covid-19, pembelajaran tatap muka atau offline tidak diperbolehkan. Dengan demikian, tentu guru harus mampu melaksanakan pembelajaran secara online dengan tidak mengurangi kualitas pembelajaran. Setelah melaksanakan pembelajaran online selama setahun lebih, ternyata guru-guru Bahasa Inggris SMP Negeri di Surabaya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris kota Surabaya masih mengalami kesulitan dalam mengaktifkan siswa ketika belajar secara online. Pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan kurang maksimal; interaksi antara guru-siswa dan antar siswa juga kurang maksimal. Belum semua guru menggunakan media interaktif yang mendukung pembelajaran online dan memudahkan siswa memahami materi. Hanya Sebagian kecil dari sekitar 300 guru Bahasa Inggris SMP Negeri di Surabaya yang sudah menggunakan media interaktif seperti Quizziz. Oleh karena itu, diperlukan workshop dan pendampingan penggunaan media interaktif dalam pembelajaran online bagi guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMP Negeri se Surabaya. Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru Bahasa Inggris SMP Negeri yang tergabung di MGMP Bahasa Inggris kota Surabaya. Direncanakan pelatihan ini akan menjaring 30 guru yang mewakili tiap wilayah di kota Surabaya. Pelatihan akan diadakan secara online dengan metode learn and practice: (1) guru akan belajar menggunakan beberapa media interaktif yang sesuai dengan materi pembelajaran dengan panduan narasumber; (2) guru berlatih menggunakan media interaktif yang sesuai dengan materi pembelajaran; (3) dengan didampingi fasilitator, guru mengembangkan pembelajaran online berbasis aplikasi atau media interaktif; (4) guru memaparkan sekaligus mendemonstrasikan penggunaan media interaktif yang sudah dipilih dan atau dikembangkannya.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles