SOSIALISASI PENTINGNYA VAKSINASI DAN TAAT PROKES DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMK KERTHA WISATA DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Ari Astuti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Arni Sardi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Lusi Ernawati Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Sosialisasi, vaksinasi, prokes, PTPM

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan. Pembelajaran dilaksanakan  jarak jauh dengan berbagai aplikasi secara online/daring. Namun tentu saja, sistem pembelajaran daring ini memiliki kelemahan terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memerlukan kegiatan praktik untuk peningkatan skill para siswa, sehingga pemerintah berupaya mengurangi learning loss pada peserta didik akibat pandemi Covid-19 dengan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Tujuan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi ini adalah  untuk membangun kesadaran bersama akan pentingnya vaksinasi bagi tenaga pendidik dan peserta didik dan juga taat prokes dalam persiapan PTMT untuk menghindari penyebaran virus covid-19. Sosialisasi dilaksanakan dengan metode penyuluhan secara daring terutama bagi siswa kelas XII yang akan segera melaksanakan PTPM dan ujian sertifikasi. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya pemahaman dan kesadaran tenaga pendidik dan peserta didik tentang pentingnya vaksinasi dan taat prokes. Dari sisi keilmuan, banyak ahli menyebut apabila 70% dari populasi di sebuah wilayah sudah diberikan vaksinasi maka penularan Covid-19 pun akan rendah. Simpulan: Dukungan  seluruh pihak terutama  peserta didik,  sekolah,  orang tua dan  lembaga-lembaga  lain  terhadap kebijakan pelaksanaan PTMT  tentunya  akan  lebih  meningkatkan kerjasama lintas lembaga  baik  antar lembaga  pemerintah maupun dengan lembaga nonpemerintah. Sinergitas seluruh pemangku kepentingan perlu terus ditingkatkan.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles