EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TATA BAHASA-TERJEMAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KARANGAN EKSPOSISI

Authors

  • Ni Putu Cahyani Putri Utami Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Mahatma Agung Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Novi Krismayanti Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

efektifitas, metode tata bahasa-terjemah, membaca, karangan eksposisi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode tata bahasa-terjemah dalam proses pembelajaran membaca karangan eksposisi bahasa Inggris pada siswa kelas XII di Bimbingan Belajar Kedinasan Taruna Mandala Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang mengikuti bimbingan belajar persiapan masuk Polri yang terdiri dari 45 siswa.Adapun Kelas Bintara 1 dan kelas Bintara 2, yang masing-masing terdiri dari 12 siswa, sebagai kelas eksperimen dan Kelas Bintara 21 dan Kelas Bintara 26, yang masing-masing terdiri dari 10 dan 11 siswa, sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental kuasi (Quasi Experimental Design). Teknik pengumpalan data dilakukan sebanyak dua kali dengan menggunakan tes, yakni pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran tata-bahasa terjemah merupakan salah satu metode pengajaran bahasa asing yang efektif dan dapat diaplikasikan dalam meningatkan kemampuan membaca peserta didik, terutama meningkatkan kemampuan membaca karangan eksposisi berbahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan oleh hasil akumulasi uji sampel t berpasangan, yang mana diketahui bahwa nilai t-test lebih tinggi dari t-table, yakni 3.66.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles