SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN ORANG TUA MURID TERHADAP PENGUNAAN MEDIA ONLINE DI MASA PANDEMIC COVID-19

Authors

  • I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Ayu Devi Maharani Santika Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Perdana Skolastika Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sonya Khofifah Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Corona Virus, Social Distancing, Daring, Media Online

Abstract

ABSTRAK

Virus Corona (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19 yang dapat menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian (Alodokter, 2021). Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan yang bertujuan untuk memutus rantai penularan Covid-19. Adapun penerapan kebijakan social distancing, dimana masyarakat harus menjalankan seluruh aktivitas di rumah yang sangat berdampak pada sektor pendidikan. Sebagai upaya pencegahan Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah meminta siswanya untuk belajar di rumah (Sri Harnani, S.Pd, 2020). Adapun dampak dari penerapan metode pembelajaran secara daring ialah masyarakat yang berada di Jl. Bunga Rampai II, Kel.Simalingkar B, Medan. Observasi yang telah dilakukan menemukan permasalahan yakni, Orang tua murid mengeluh tentang kurangnya efektif dalam proses belajar saat daring ini, karena beberapa dari anak mereka mengaku sulit memahami materi yang diberikan oleh guru. Ditambah edukasi para orang tua yang kurang dalam memahami teknologi dan media online. Jadi mereka kesulitan dalam memperhatikan perkembangan pembelajaran anak secara daring. Sosialisasi dan pendampingan orang tua terhadap pengunaan media online sangat di perlukan saat ini, untuk mencari materi pelajaran yang belum di mengerti oleh orang tua dan membantu siswa/siswi SD memahami pembelajaran secara daring dengan maksimal di masa pandemi Covid- 19.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles