OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA MUNGGU

Authors

  • Betty Debora Aritonang Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati
  • Ni Kadek Debi Puspita Manggalita Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati

Keywords:

UMKM, Desa Munggu, digital marketing, media social

Abstract

Semenjak kasus Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, himbauan pembatasan pergerakan mengakibatkan lumpuhnya aktivitas ekonomi dan memberi dampak ke hampir semua sektor kehidupan. Bali yang 53% pendapatannya disumbangkan dari sector pariwisata mengalami keanjlokan ekonomi sampai mencapai minus 12% di pertengahan 2020. Seluruh daerah wisata di Bali mendapat dampaknya termasuk Desa Munggu, di mana masyarakatnya banyak yang terpaksa di PHK dari tempat kerjanya. Pembatasan pergerakan juga mengubah pola hidup manusia yang awalnya dominan bertumpu pada aktivitas tatap muka menjadi online. Meski pola hidup sudah menuntut untuk melakukan sebagian besar aktifitas dalam bentuk online, namun masih banyak UMKM yang belum siap memanfaatkan layanan teknologi online karena belum begitu menguasai penggunanaannya dan manfaatnya. Pada kegiatan pengabdian ini, diadakan kegiatan sosialisasi ilmu UMKM seperti digital marketing pada media sosial, K3, hygiene dan sanitasi pada 3 UMKM di desa Munggu. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan pada ketiga UMKM yang diukur melalui peningkatan kemampuan pelaku UMKM memanfaatkan fitur-fitur pada media sosial sehingga terlihat aktivitas posting promosi pada media sosial UMKM bertambah, penambhan follower, penambahan pengunjung, perubahan isi menu makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Kegiatan berikutnya diharapkan dapat berupa pengukuran keberhasilan yang dinilai dari kenaikan penjualan per periode tertentu dan lebih memfokuskan pemilihan UMKM yang sejenis.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles