PENINGKATAN HASIL USAHA MIKRO BIDANG KULINER MELALUI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA DIGITAL
Keywords:
Usaha Mikro, Peningkatan Hasil Usaha, Kuliner, Pemasaran Berbasis DigitalAbstract
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi pendampingan agar menghasilkan peningkatan penjualan usaha mikro bidang kuliner melalui strategi pemasaran berbasis media digital. Program dilaksanakan pada usaha kecil kuliner bidang mikro (UMKM), ALOHA di Banjar Kangkang Desa Pererenan, Mengwi Badung. Pada masa pandemi ini UMKM ALOHA hanya memasarkan produk jualannya pada masyarakat desa sekitar saja. Untuk memperluas jangkauan pangsa pasar, kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memanfaatkan online platforms berbasis media digital dalam mempromosikan produknya sehingga penjualan jadi lebih meningkat. UMKM diharapkan dapat memanfaatkan media digital agar promosi lebih maksimal dan penjualan dapat ditingkatkan. Metode yang diterapkan adalah penyuluhan dengan cara mengedukasi mitra UMKM ALOHA. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran dengan memanfaatkan media digital yaitu aplikasi Go-Jek, Grab, dan berbagai media sosial. Dengan upaya promosi berbasis media digital, program ini menghasilkan peningkatan omset penjualan dan bertambahnya pelanggan karena promosi dilakukan dalam memenuhi pangsa pasar dengan cara meregistrasi produk yang dijual menggunakan pada aplikasi Go-jek dan Grab.