PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SD WAHIDIYAH MELALUI KEGIATAN ‘SATURDAY FUN’ UNTUK MEMPERKENALKAN LITERASI BAHASA ASING

Authors

  • Ida Ayu Mela Tustiawati Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Sintya Ardayanti Sari Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Agus Indra Meliana Putra Pande Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Alexander Goldy Orlando Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Enos Bodu Saga Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pembelajaran daring, Kosakata bahasa Inggris, Literasi bahasa Asing

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada usaha peningkatan kemampuan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi bahasa asing bagi siswa. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar bahasa asing yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa sekolah dasar. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pendampingan tambahan dalam belajar bahasa inggris dikarenakan minimnya kegiatan pembelajaran secara tatap muka yang bisa diselenggarakan. Kegiatan ini dilakasanakan di SD Wahidiyah, Denpasar. Fokus utama kegiatan ini adalah pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui berbagai media pembelajaran, seperti video, powerpoint interaktif, lagu, quiz dan tebak kata. Siswa dilibatkan secara penuh melalui pertemuan daring dengan menggunakan media google meet. Adapun metode yang digunakan yaitu kombinasi dari kegiatan presentasi dan praktek. Meskipun pembelajaran hanya bisa dilaksanakan dalam mode daring dan terbatas hanya sekali setiap minggu, bisa dilihat bahwa siswa antusias untuk mempelajari hal baru dan berkontribusi aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles