PENINGKATAN EKONOMI PEMILIK UMKM MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN PEMBUKUAN DIGITAL DI DESA BELEGA, KECAMATAN BLAHBATUH, GIANYAR

Authors

  • Ni Komang Sri Widyastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Wersi Murtini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, Digital Marketing, Pembukuan

Abstract

Sejak merebaknya Virus Corona atau yang sering disebut dengan Covid-19, pelaku UMKM merasakan penurunan omset penjualan yang sangat drastis. Seperti pelaku UMKM di Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar yaitu Ibu Susanti. Dari observasi yang telah dilaksanakan oleh pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyrarakat, Ibu Susanti menjual jajan tradisional yaitu jajan matahari yang biasa digunakan oleh umat Hindu untuk membuat sesajen. Namun sejak pandemi, omset penjualannya menurun drastis. Disamping itu, Ibu Susanti hanya memasarkan dagangannya secara konvensional dengan menitipkannya di beberapa pedagang di pasar. Selain itu, pengelolaan keuangan hasil jualan tidak tercatat dengan baik. Sehingga solusi yang diberikan yaitu pembuatan market digital seperti Facebook dan Instagram untuk memasarkan produk guna menjangkau konsumen yang lebih luas sehingga mampu meningkatkan jumlah penjualan. Solusi berikutnya yaitu pembuatan sebuah program pembukuan secara digital untuk mencatat segala pemasukan serta pengeluaran dari usaha yang dijalankan, sehingga laporan keuangan usaha akan menjadi lebih tertata atau terstruktur. Setelah solusi tersebut dilaksanakan, permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM diatas dapat diatasi yaitu paham dalam penggunaan media sosial untuk mempromosikan hasil usaha dan penggunaan pembukuan digital guna menata pemasukan dan pengeluaran. Oleh sebab itu, pemilik UMKM tidak lagi mengalami kesulitan dalam mempromosikan hasil usahanya sehingga dapat meningkatkan omset penjualan dan pemilik UMKM dapat dengan mudah mencatat segala keuangan dalam pembukuan digital yang dimiliki. 

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles