PENGABDIAN PARTISIPATIF BERBASIS PROYEK: UPAYA MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)
Keywords:
pengabdian kepada masyarakat, berbasis proyek, partisipasi mahasiswa, proyek akhir, MBKMAbstract
Pengabdian kepada masyarakat yang selama ini dilaksanakan di tingkat perguruan tinggi (PT) baik secara personal atau bertim, berbasis program studi, jurusan, maupun institusi masih berfokus pada mengabdikan produk hasil riset di masyarakat baik yang bersifat tangible ataupun intangible. Konsekuensinya banyak aspek penting yang belum mampu diakomodasi, seperti kebutuhan riil masyarakat (demand-oriented), peran serta aktif mahasiswa guna mampu menyelesaikan proyek akhir, pembinaan dari dosen, upaya menggali dan menyelesaikan permasalahan di desa, serta keterkaitannya dengan MBKM. Kajian ini merupakan kajian konseptual yang bertujuan untuk memberikan opini tentang pola program pengabdian kepada masyarakat yang bersifat partisipatif dan berbasis proyek guna mewujudkan program MBKM. Data yang diperoleh dengan teknik rekam, obeservasi, studi pustaka dipadukan dengan dan dianalisis menggunakan beberapa teori atau konsep pembelajaran berbasis proyek, partisipasi mahasiswa, dan MBKM. Hasil kajian ini berhasil merumuskan suatu konsep pengabdian masyarakat yang mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek dengan konsep menggali dan memecahkan masalah, melibatkan mahasiswa sebagai agen pengabdi, dibimbing oleh dosen sehingga hasil pengabdian dapat digunakan menjadi proyek akhir mahasiswa.