PEMANFAATAN VIDEO REPORTASE BERBENTUK KONTEN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS KONSUMEN UMKM KULINER DI DENPASAR
Keywords:
awareness, digital marketing, konten media sosial, UMKM.Abstract
Banyak cara dalam strategi pemasaran digital dewasa ini, tidak jarang pula UMKM memanfaatkan digital marketing untuk melakukan kampanye pemasaran mereka, namun seringkali usaha mereka dalam digital marketing tersebut kandas tanpa hasil yang dapat diukur secara jelas. Periklanan pada media sosial memang akhir-akhir ini semakin diminati oleh banyak orang, ragam konten menarik mulai dibuat oleh para kreator konten, penonton mereka beragam sehingga dapat dijadikan media untuk kampanye pemasaran yang efektif. Ironisnya, untuk membuat konten tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan waktu, tenaga serta biaya yang besar dalam memproduksi konten tersebut, belum lagi publikasinya di media sosial membutuhkan strategi sendiri agar mampu menjaring awareness khalayak secara optimal. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah pembuatan video reportase berbentuk konten di media sosial untuk UMKM kuliner di kota Denpasar. Adapun tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah peningkatan traffic penonton pada video reportase UMKM kuliner yang terlihat melalui insight dalam media sosial yang digunakan sebagai media publikasi serta peningkatan awareness penonton yang dilihat dari interaksi pada konten reportase tersebut